Zumba Disebut Mampu Beri Harapan Hidup Pasien Kanker Lebih Tinggi

Ade Indra Kusuma | Vessy Dwirika Frizona
Zumba Disebut Mampu Beri Harapan Hidup Pasien Kanker Lebih Tinggi
Ilustrasi deteksi dini kanker. (Shutterstock)

Penderita kanker yang membutuhkan latihan intensitas rendah cocok untuk mengambil kelas Zumba Gold,

Suara.com - Zumba Disebut Mampu Beri Harapan Hidup Pasien Kanker Lebih Tinggi.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut Kanker menjadi penyebab utama kematian nomor dua di dunia dan diperkirakan telah meningkat menjadi 18,1 juta kasus baru di seluruh dunia pada tahun 2018.

Mengutip dari rilis Zumba, penelitian berkerlanjutan serta terobosan inovasi baru dalam kedokteran telah meningkatkan deteksi dan pengobatan dini secara signifikan, sehingga memberi pasien kanker harapan yang lebih tinggi untuk bertahan hidup dan sembuh. Salah satunya dengan berolah raga.

Paula Jacobs, seorang instruktur zumba dari Southington, Connecticut, AS, adalah seorang yang telah membuktikan bagaimana berolahraga dapat menyelamatkan kehidupan. 

Teguran dari dokter membawa Paula ke kelas zumba pertamanya. Pilihannya adalah menurunkan berat badan dan mengurangi risiko komplikasi kesehatan serius. 

Tidak lama kemudian, Paula didiagnosis dengan kanker payudara yang langka, namun ia melanjutkan perjalanan olahraga zumba. Menurutnya, zumba telah memberinya kekuatan untuk melawan kanker.

"Menghadiri kelas mingguan zumba telah membantu saya merasa lebih bahagia dan tidak berfokus pada penyakit yang diderita. Bahkan dokter juga merekomendasikan agar saya tetap menghadiri kelas zumba karena berdampak positif," ungkap Paula.

Sementara itu, Dr. Dian Kartika, MH. Kes juga mengatakan, penderita kanker yang membutuhkan latihan dengan intensitas rendah lebih cocok untuk mengambil kelas Zumba Gold, atau mereka dapat terus bergabung dengan kelas Zumba Fitness yang reguler dengan memberitahu instruktur tentang kondisi Anda saat ini. 

"Para pejuang kanker dapat bergabung dengan kelas zumba selama 30 hingga 45 menit," jelas dokter Dian Kartika.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS