5 Jurus Liburan Anti Bokek ala Travel Blogger Lokal

Vania Rossa | Vessy Dwirika Frizona
5 Jurus Liburan Anti Bokek ala Travel Blogger Lokal
Ilustrasi liburan. (Shutterstock)

Jurus liburan anti bokek supaya bisa tetap eksis di media sosial.

Suara.com - Selain bermanfaat untuk melepas stres dari rutinitas hari-hari, bagi kaum milenial, traveling juga menjadi salah satu cara untuk mengisi konten feed dan stories di media sosial. Maka tak heran, bila minat milenial untuk berlibur keluar negeri sangat tinggi.

Namun, naiknya harga tiket pesawat belakangan ini membuat para traveler harus pintar-pintar mencari cara agar bisa tetap liburan tanpa menguras saldo rekening. Merangkum dari rilis JavaMifi yang diterima Suara.com, Kamis (28/3/2019), inilah beberapa tips dari para travel blogger lokal yang tergabung menjadi JavaMifi Buddy tetang jurus liburan anti bokek.

Jangan malas menyusun itinerary dan tahan hasrat berbelanja
Menurut Yudha Ashari (@catatanbackpacker), mengikuti jadwal perjalanan yang telah dibuat sebelum keberangkatan, adalah salah satu jurus liburan anti bokek. Boleh saja berimprovisasi sedikit, tapi harus tetep pada jalurnya.

Travel blogger Yudha Ashari (Instagram/@catatanbackpacker)
Travel blogger Yudha Ashari (Instagram/@catatanbackpacker)

Perhitungkan budget detail dengan sering cek Google mengenai harga tiket masuk wisata dan harga transportasi. Ini sangat membantu agar biaya liburan tidak melebihi budget. Belanja tetap boleh dilakukan, tapi harus terkontrol dan dalam tahap wajar kemampuan dompet. Jangan sampai kebanyakan belanja malah jadi keteteran kemana-mana.

Cari tahu dan datang ke tempat wisata gratis
Tempat gratis tidak selalu garing, terkadang beberapa kota yang terkenal kecantikannya menyediakan tempat publik yang tidak berbayar namun tetap cantik untuk instagrammu.

Travel blogger Cia Wardhana (Instagram/@ciawardhana)
Travel blogger Cia Wardhana (Instagram/@ciawardhana)

Cia Wardhana (@ciawardhana) berpendapat, pilihan untuk tempat gratis yang kece seperti museum, banyak ditemui terutama di luar negeri, khususnya Inggris. Taman juga bisa menjadi pilihan murah meriah, contohnya di Korea, di mana Anda bisa menikmati Taman Hangang sambal makan mi instant. Liburan tetap seru, deh!

Gunakan transportasi umum dan bawa tempat minum sendiri
Banyak yang tidak menyadari kalau naik transportasi umum seperti bus, LRT maupun MRT akan jauh lebih irit dibandingkan naik taksi. Hal tersebut diungkapkan oleh travel blogger Muhamad Putra Setia (@putrasetia) dan disetujui juga oleh Cia Wardhana.

Travel blogger Muhamad Putra Setia (Instagram/@putrasetia)
Travel blogger Muhamad Putra Setia (Instagram/@putrasetia)

Beberapa negara memiliki harga spesial untuk turis, contohnya JR Pass di Jepang dan Travelcard di Inggris. Putra juga mengingatkan untuk membawa tumbler minum sendiri. Ini jauh lebih hemat dibandingkan berulang kali beli air mineral di negara orang, plus lebih ramah lingkungan!

Rajin kunjungi travel fair
Ada alasannya kenapa travel fair selalu ramai dikunjungi traveler di setiap kota, meskipun kini mencari tiket murah dapat dilakukan melalui smartphone. Travel fair seringkali menawarkan promo berbeda, misalnya promo yang sifatnya umum, seperti tiket pesawat ke berbagai destinasi hingga berbagai aktivitas pendukung travel seperti tiket atraksi dan sewa international pocket wifi rental.

Patungan dan cermat memilih hotel
Nah, ini pentingnya pergi beramai-ramai. Menurut Cia Wardhana, kamu bisa patungan kamar hotel, patungan makan, termasuk patungan JavaMifi supaya bisa internetan hemat bareng-bareng dan bisa selalu update liburan di manapun dan kapanpun.

Putra Setia menambahkan, hostel juga bisa menjadi pilihan yang cerdas untuk menghemat budget. Dan jika mau tinggal di hotel, minimal kamu harus berdua dengan teman. Sedangkan Yudha Ashari berpendapat aplikasi Couchsurfing dan AirBnB wajib untuk diketahui traveler untuk akses pilihan menginap yang lebih terjangkau, karena penginapan termasuk salah satu faktor yang paling menguras budget.

Nah bagaimana? Sudah siap pergi liburan anti bokek?

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS