Sepele tapi Fatal, Kebiasaan Ini Bisa Bikin Wajah Kusam

Rima Sekarani Imamun Nissa | Rima Suliastini
Sepele tapi Fatal, Kebiasaan Ini Bisa Bikin Wajah Kusam
Ilustrasi wajah berminyak buat make up tidak sempurna. (Shutterstock)

Wajah kusam jelas mengganggu penampilan.

Suara.com - Kebanyakan di antara kita sering menyepelekan kebersihan lingkungan. Hasilnya bukan cuma memengaruhi kesehatan, tapi juga kecantikan kulit. Bahkan, bisa bikin kulit wajah kusam, lho.

Biar kulit wajah tidak kusam karena hal-hal sepele, sebaiknya perhatikan lagi kebersihan lingkungan sekitar Anda. Jangan sampai skincare mahal Anda kalah hanya karena malas ganti handuk wajah. Ups!

Yuk, simak, apa saja yang harus Anda perhatikan agar kulit wajah tetap mulus dan tidak kusam?

Wajah

Hal utama yang harus dijaga kebersihannya tentu saja wajah Anda sendiri. Usahakan menyediakan kapas dan pembersih wajah dekat dengan tempat tidur. Hal ini sangat membantu jika Anda terlanjur mager dari kasur untuk sekedar membersihkan wajah

Ilustrasi handuk. (Shutterstock)
Ilustrasi handuk. (Shutterstock)

Handuk wajah

Terdengar sepele, tapi handuk wajah sebaiknya diganti seminggu sekali. Lebih dari itu, kuman dan kotoran bisa menumpuk dan kulit wajah Anda jadi terkontaminasi secara terus menerus.

Selain menggantinya, Anda juga harus menjemur handuk segera setelah dipakai. Jangan biarkan dia terlipat dalam kondisi basah karena bisa memicu tumbuhnya jamur. Tidak mau wajah Anda dibersihkan dengan handuk berjamur?

Alat makeup

Alat makeup yang biasa kalian gunakan sehari-hari ternyata bisa jadi sarang kuman dan itu juga memicu kulit wajah kusam. Sebaiknya cuci peralatan makeupmu secara rutin, terutama spons bedak yang kamu gunakan setiap hari.

Ilustrasi makeup artist. (Shutterstock)
Ilustrasi makeup artist. (Shutterstock)

Seprai dan sarung bantal

Sudah berapa lama Anda tidak mengganti seprai dan sarung bantal? Dua hal ini idealnya diganti setiap dua kali sebulan, lho.

Jika seprai dan sarung bantal sering digunakan tanpa diganti dan dicuci, kotoran akan menempel secara langsung di wajah. Hasilnya, jerawat jadi bermunculan serta kulit jadi kusam dan rusak.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS