facebook

Tak Perlu Cemas, Ini 5 Tips Mudik Aman Lebaran Bersama Anak

Dany Garjito | Amertiya Saraswati
Tak Perlu Cemas, Ini 5 Tips Mudik Aman Lebaran Bersama Anak
Ilustrasi persiapan mudik, liburan. (Shutterstock)

Ini cara agar anak tetap nyaman selama mudik.

Suara.com - Walau bulan Ramadan baru berjalan beberapa hari, urusan mudik tetap harus direncanakan sejak dini. Terlebih bagi mereka para orangtua yang akan mudik dengan anak.

Ya, lebaran memang identik dengan waktu berkumpul bersama keluarga. Namun bagi anak-anak, perjalanan mudik dapat menjadi sesuatu yang membosankan atau membuat rewel.

Belum lagi, mudik juga biasanya diwarnai kemacetan sehingga waktu perjalanan pun akan lebih lama dari biasanya. Kalau sudah begini, bukan tak mungkin orangtua jadi ikut pusing.

Namun, tak perlu khawatir. Dalam rangka menyambut Lebaran 1440 Hijriah, kami sudah merangkum tips mudik aman lebaran dengan anak.

Baca Juga: Tips Mudik Aman, Begini Imbauan dari Polri untuk Pengguna R4

Apa saja?

Ilustrasi keluarga mudik. [Shutterstock]
Ilustrasi keluarga mudik. [Shutterstock]

1. Usahakan tidak menggunakan sepeda motor

Anak akan merasa kurang nyaman saat diajak mudik dengan sepeda motor. Hal ini dikarenakan mereka akan duduk berjam-jam tanpa sandaran.

Bukan cuma mudah lelah, hal ini juga memperbesar risiko mereka terjatuh atau sakit karena paparan debu, hujan, dan polusi.

Sebagai gantinya, orangtua bisa mempertimbangkan untuk menyewa mobil atau menggunakan angkutan umum seperti bus atau kereta.

Baca Juga: Di Ruas Tol Jalur Mudik Bakal Ada Helipad untuk Evakuasi Korban Kecelakaan

2. Sediakan ruang bagi anak

Komentar