alexametrics

3 Cara Menghilangkan Jerawat Batu, Bernanah, dan Beruntusan

Vania Rossa | Vessy Dwirika Frizona
3 Cara Menghilangkan Jerawat Batu, Bernanah, dan Beruntusan
Ilustrasi Jerawat. (Shutterstock)

Pada dasarnya, cara menghilangkan jerawat itu sama.

Suara.com - Jerawat menjadi masalah bagi banyak orang. Entah itu jerawat batu, bernanah, hingga beruntusan. Apa pun jenis jerawatnya, pasti bikin kamu jadi tak percaya diri. Yuk, basmi semua jenis jerawat yang ada di wajah.

Dokter dr. Jolinda Johary yang merupakan konsultan dokter di Go Dok, telah membagikan tiga cara mudah untuk membasmi jerawat di wajah melalui channel Youtube. Ia mengatakan bahwa pada dasarnya, semua jenis jerawat itu sama, jadi kurang lebih cara mengatasinya pun serupa. Berikut 3 cara menghilangkan jerawat batu, bernanah, dan beruntusan

Cuci muka
Cuci muka dua kali sehari menggunakan sabun pencuci wajah dan jangan terlalu sering. Saat mencuci muka, jangan menggosok terlalu kencang dan jangan pakai bahan yang kasar, seperti scrub dan handuk kasar. Sebab efeknya bisa memicu iritasi dan memperparah kondisi jerawat.

Baca Juga: Banyak Manfaat Toner untuk Wajah, Bisakah Atasi Jerawat?

Pilih kosmetik yang tepat
Jangan gunakan kosmetik yang mengandung minyak atau alkohol. Di samping itu, apabila kulit wajah sedang berjerawat, memencet atau memegangnya akan mengakibatkan infeksi. Perhatikan juga kebersihan rambut dengan cara rutin mencuci rambut yang kotor agar tidak kena kulit wajah.

Perhatikan makanan
Konsumsi makanan sehat, tidur, dan olahraga. Bagi Anda yang memiliki jerawat membandel, disarankan ke dokter, untuk dilakukan pmeriksaan yang lebih detil agar mendapat penanganan tepat dan cepat. Nantinya dokter akan menganalisis untuk memberi solusi yang sesuai dengan jenis kulit dan merekomendasikan terapi medis yang sesuai. Misalnya peeling, chemical peeling, pengelupasan retinoic acid, dan micro dermabration atau laser, dan sebagainya.

Komentar