Menurut Riset, Hangout Bareng Sahabat Bagus untuk Kesehatan Mental

Vika Widiastuti | Kintan Sekarwangi
Menurut Riset, Hangout Bareng Sahabat Bagus untuk Kesehatan Mental
Ilustrasi teman. (Unsplash/Helena Lopes)

Hal ini sangat disarankan untuk dilakukan minimal 2 minggu sekali.

Suara.com - Memasuki usia produktif bekerja, membuat kamu jadi jarang hangout dengan sahabat. Nah menurut riset, ternyata hangout bareng sahabat baik untuk kesehatan mental lho.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Universitas Oxford, bersantai dengan sahabat setidaknya dua kali dalam seminggu baik untuk kesehatan mental dan fisik.

Selain itu dikatakan bahwa orang yang mempunyai banyak teman cenderung tidak sering jatuh sakit. Mereka diketahui lebih cepat sembuh bahkan setelah menjalani operasi.

"Angka dua kali seminggu berasal dari temuan kami bahwa ini adalah jumlah waktu yang biasanya kamu habiskan bersama sahabat atau keluarga terdekat," ungkap profesor psikologi evolusi Dr. Robin Dunbar dilansir dari laman Huffington Post.

"Untuk kedua jenis kelamin, memiliki jaringan sosial yang besar dan terintegrasi dengan baik memiliki dampak yang signifikan pada kesehatan fisik dan emosional," lanjutnya.

Ilustrasi teman. (Unsplash/Helena Lopes)
Ilustrasi teman. (Unsplash/Helena Lopes)

Berdasarkan hasil survei, profesor tersebut mengungkapkan bahwa pria lebih cenderung memiliki empat atau lima sahabat untuk bergaul dengan mereka secara teratur, sementara wanita fokus pada menumbuhkan hubungan dengan satu orang yang mereka anggap sebagai sahabat sejati.

"Ada kualitas dalam persahabatan yang bisa kita anggap sebagai teman yang sangat dekat, teman dekat, teman baik atau hanya sekadar teman. Dan ini mencerminkan seberapa sering kebersamaan dan kontak terjadi (mulai dari beberapa kali dalam seminggu sampai setahun sekali)," kata profesor tersebut.

Ilustrasi teman. (Unsplash/Helena Lopes)
Ilustrasi teman. (Unsplash/Helena Lopes)

"Dalam konteks ini, kita berbicara tentang orang-orang yang kita dengan senang hati untuk menginvestasikan waktu melihat dan bertemu mereka, mereka yang pertama kali bersedia membantu kamu ketika mengalami kesulitan," lanjutnya.

Makna dari riset profesor tersebut adalah disarankan untuk mempunyai teman dalam hidup ini. Manusia bisa mengatasi stres dengan lebih baik ketika mereka mengetahui bahwa mereka memiliki teman-teman untuk berbagi cerita.

"Dan kunci untuk mempertahankan persahabatan yang kuat adalah bertemu dua kali seminggu serta melakukan hal-hal yang menyenangkan dengan orang yang paling dekat denganmu," saran profesor tersebut.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS