Mudah banget, Cara Membersihkan Peralatan Rambut Biar Awet

Rima Sekarani Imamun Nissa | Rima Suliastini
Mudah banget, Cara Membersihkan Peralatan Rambut Biar Awet
Ilustrasi hair dryer. [shutterstock]

Peralatan rambut yang sering digunakan harus rutin dibersihkan, lho!

Suara.com - Membersihkan peralatan rambut adalah hal yang sering kita sepelekan. Kebanyakan dari kita hanya memakainya dan langsung mengembalikan peralatan rambut di tempat semula tanpa ingat membersihkan bagian-bagiannya. 

Ada banyak peralatan rambut yang butuh dibersihkan, mulai dari yang sederhana seperti sisir, catok hingga hairdryer. Meskipun terlihat bersih, bagian-bagian dalam peralatan rambut itu butuh dibersihkan secara rutin.

Dilansir dari Bustle, membersihkan peralatan rambut tak cuma membantu kita menjaga kebersihan kulit kepala tapi juga merawatnya agar lebih awet dan tak gampang rusak. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Sisir

Peralatan rambut yang paling sederhana dan sering dipakai adalah sisir. Tak peduli sisir seperti apa yang digunakan, membersihkannya secara rutin adalah hal wajib. Paola Pinto dari Rush Hair mengatakan semakin sering membersihkan sisir, itu akan semakin baik.

"Sisir atau brush hair bisa kusut dengan sangat cepat sehingga kamu harus membersihkannya setiap kali habis digunakan atau segera setelah melihat rambut yang menumpuk di sana," jelasnya.

Ionic brush. (Instagram/@ionicbrush)
Ilustrasi sisir. (Instagram/@ionicbrush)

Catok

Catok rambut perlu dibersihkan dua minggu sekali karena berbagai kotoran bisa menumpuk di permukaan pelat panas. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membersihkan catok rambut, salah satunya memastikan colokan aman dari aliran listrik.

"Untuk menyeka pelat dan tubuh styler (catok), kamu mungkin perlu menggosoknya dengan keras tergantung pada seberapa kotor styler kamu," ungkapnya.

Ilustrasi catok rambut. (Shutterstock)
Ilustrasi catok rambut. (Shutterstock)

Hair dryer

Jika kamu rutin menggunakan pengering rambut alias hair dryer, membersihkannya setiap tiga minggu sekali adalah hal yang baik. Debu dan rambut yang menumpuk di bagian belakang pengering rambut dapat menyebabkan penyumbatan dan membuat hair dryer cepat panas.

"Ini karena udara perlu didorong keluar dengan lancar," jelas Pinto. "Penyumbatan bisa menyebabkan suhu hair dryer naik ke level berbahaya," lanjutnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS