Demi Kenyamanan Bersantai, Ikuti 5 Tips Merawat Taman Rumah

Vania Rossa
Demi Kenyamanan Bersantai, Ikuti 5 Tips Merawat Taman Rumah
Tips Merawat Taman Rumah. (Shutterstock)

Agar bersantai di taman rumah lebih menyenangkan, taman harus dirawat dengan langkah yang benar dan rutin.

Suara.com - Banyak sudut-sudut rumah yang bisa jadi tempat bersantai Anda dan keluarga, salah satunya duduk di bangku atau gazebo taman belakang rumah.

Oleh karena itu, jangan abaikan perawatan taman rumah. Pastikan taman di rumah perlu dalam kondisi yang apik dan prima. Banyak hal yang perlu diperhatikan dan dilakukan untuk memastikan kualitas taman rumah. Hal tersebut terkait dengan peremajaan dan perawatan taman.

Tampaknya mudah merawat taman rumah, tapi sebenarnya banyak faktor yang perlu diperhatikan. Bila tidak tepat, bukannya malah rapi, taman bisa malah makin berantakan.

Melalui artikel ini, Dekoruma akan membantu Anda mempraktikkan tips merawat taman di rumah yang mudah, praktis, dan tentunya akan membuat taman rumah Anda menjadi terawat, indah, dan jadi tempat yang pas untuk bersantai.

1. Rawat Tanaman dan Jangan Biarkan Mati
Perawatan tanaman bukan cuma sekadar menyirami dan memupuk tanaman, bahkan dari kedua kegiatan ini ada faktor-faktor lain yang menentukan. Saat menyiram tanaman, pastikan jangan terlalu banyak dan sebisa mungkin gunakan pupuk organik.

Di luar dua aktivitas perawatan utama ini, ada beberapa hal lagi yang perlu dilakukan seperti membersihkan tanaman liar dan ranting yang bisa mengganggu pertumbuhan tanaman, memastikan tanaman tidak berhama, mengatur pencahayaan, kelembapan, kesuburan tanah, dan kondisi pot.

Utamanya, jangan sampai tidak merawat tanaman dan membiarkannya mati atau tumbuh sembarangan. Taman yang dipenuhi tanaman kering dan tidak teratur hanya akan menjadi polusi mata dan tidak membuat rileks sama sekali.

2. Kebersihan Taman Jadi yang Utama
Di luar tanaman, kebersihan juga menjadi bagian yang penting untuk menciptakan taman yang nyaman. Bila Anda punya binatang peliharaan yang dibiarkan berkeliaran di rumah dan dilatih untuk buang air di taman, bersihkan kotorannya secara rutin supaya tidak menimbulkan bau tak sedap.

Bila ada sampah seperti buah busuk yang jatuh dari pohon, sampah daun, atau plastik dan produk rumah tangga lain, segera ambil dan buang pada tempatnya. Taman yang bersih dan tidak bau akan menjadi tempat yang nyaman untuk bersantai.

3. Jangan Lewatkan Kebersihan Kolam
Kalau Anda punya kolam ikan atau kolam renang di taman, jangan lupakan proses pembersihan rutin kolam tersebut. Cek sistem pompa dan filtrasi kolam supaya airnya tidak kotor dan berlumut. Untuk kolam ikan, kuras secara rutin dan bersihkan bagian dasarnya beberapa bulan sekali.

Bila Anda memiliki kolam renang, beberapa langkah yang perlu dilakukan adalah membersihkannya dari daun-daun atau sampah lain yang berjatuhan ke kolam. Jagalah kebersihan selokan dan bibir kolam renang supaya bebas jamur dan lumut. Gunakan bahan kimia seperti kaporit untuk kebersihan yang lebih maksimal.

4. Pengaturan Lanskap Berpengaruh
Setelah keasrian dan kebersihan taman, sisi estetika juga menjadi faktor yang membuat istirahat Anda di taman menyenangkan. Lanskap taman juga perlu diatur sedemikian rupa untuk efek visual yang apik. Mulai dari jenis rumput dan tanaman yang ditanam, penempatan pot, air mancur, posisi gazebo, kolam, ornamen-ornamen di tembok taman, dan aspek-aspek lanskap lain yang perlu direncanakan dan dieksekusi dengan bagus.

5. Bantuan dari Ahli Taman
Langkah-langkah di atas sebenarnya bisa dilakukan oleh Anda dan keluarga sendiri dengan catatan bila ada waktunya. Bila sibuk, Anda bisa menggunakan jasa profesional seperti ahli taman dan tukang kebun profesional. Ahli taman bisa membantu perencanaan, perancangan, dan pembangunan taman di rumah. Sementara, tukang kebun akan menjaga keasrian dan kebersihan taman secara rutin. Pengetahuan dan pengalaman mereka tentunya akan berguna untuk merawat taman rumah Anda.

Kalau kelima tips ini dilakukan, niscaya taman di rumah Anda akan terjaga kebersihan dan keindahannya. Taman di rumah akan menjadi salah satu tempat yang paling nyaman untuk Anda bersantai, rileks, menyegarkan pikiran, dan mengisi kembali tenaga yang habis karena beraktivitas selama hari kerja. Setelahnya, Anda yang sudah segar bisa kembali beraktivitas dengan prima.

Artikel terkait:
6 Desain Landscape Taman di Hunian Kecil, Kesejukannya Hilangkan Stres!
6 Pesona Taman Kering Minimalis, Solusi Punya Taman di Rumah Kecil
Hilangkan Stress, Ini 6 Keindahan Ajaib Zen Garden!

Published by

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS