facebook

Mengungkap Tabir Misteri Tumpukan Tengkorak di Danau Roopkund India

Angga Roni Priambodo | Aditya Prasanda
Mengungkap Tabir Misteri Tumpukan Tengkorak di Danau Roopkund India
(Wikimedia Commons Ashokyadav739)

Sejumlah peneliti meyakini mereka merupakan para penjelajah dari abad ke-9.

Suara.com - Hingga hari ini, tak ada yang tahu persis siapa sosok di balik timbunan kerangka manusia yang berada di Danau Roopkund.

Sebab tak terpecahkannya identitas deret tengkorak itu pula, danau yang terletak di Pegunungan Himalaya, India ini dijuluki Danau Misteri.

Para peneliti menduga tumpukan kerangka di Danau Roopkund merupakan korban bencana alam dalam jumlah besar.

Sekitar 38 tulang yang diuji DNA-nya diyakini berasal dari kelompok berbeda yang menyambangi Danau Roopkund dalam rentang waktu seribu tahun.

Baca Juga: Foto Indahnya Danau Moraine, Muncul di Uang Kertas hingga Wallpaper Windows

Melalui penelitian lebih lanjut, para peneliti mengklasifikasikan 38 kerangka yang ditemukan di Danau Roopkund dalam tiga kelompok. Masing-masing yakni 23 kerangka di antaranya orang India, 14 kerangka lainnya orang Kreta dan Yunani. Sedangkan satu kerangka berasal dari Asia Tenggara.

Penemuan tersebut mengindikasikan bahwa Danau Roopkund merupakan salah satu tujuan wisata populer yang disambangi banyak orang dari berbagai belahan dunia.

(Wikimedia Commons Djd4rce)
(Wikimedia Commons Djd4rce)

Lebih lanjut, laporan India Today menyebut sebuah penelitian tahun 2013 menyimpulkan timbunan kerangka itu berasal dari abad ke-9.

Mereka diperkirakan tewas akibat badai sebab ditemukannya bekas benturan keras di bagian kepala. Sementara tak ada tanda-tanda luka akibat senjata maupun bencana alam lainnya.

Baca Juga: Sebening Kristal, Ini Waktu Terbaik Menyambangi Danau Moraine Kanada

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar