alexametrics

Tak Sulit Diterapkan, Ini 5 Cara Menghemat Air di Rumah

Vania Rossa
Tak Sulit Diterapkan, Ini 5 Cara Menghemat Air di Rumah
Cara Menghemat Air di Rumah. (Dok. Pixabay)

Ketersediaan air di dunia yang terbatas harus disiasati dengan menghemat penggunaan air di rumah.

Suara.com - Banyak kegiatan rumah tangga yang memerlukan air mulai dari mencuci pakaian, mobil, menyiram tanaman, mandi, buang air, minum, dan masih banyak lagi.

Meski air bersih tampaknya melimpah dan mudah diakses dari sumur, langganan PAM, sampai air galon, bukan berarti air bisa dibuang-buang begitu saja. Oleh karena itu, langkah menghemat air bisa dimulai dari rumah sendiri.

Banyak hal yang bisa dilakukan secara rutin untuk menghemat banyak air. Kali ini, Dekoruma akan menjabarkan lima cara mudah menghemat air yang bisa Anda terapkan di rumah.

1. Mencuci Dalam Jumlah Banyak

Baca Juga: Musim Kemarau Hingga September, Ridwan Kamil Minta Warganya Hemat Air

Ilustrasi mencuci sekaligus dalam jumlah banyak. (Dok. Pixabay)
Ilustrasi mencuci sekaligus dalam jumlah banyak. (Dok. Pixabay)

Jangan setiap hari atau sedikit-sedikit mencuci baju, terutama bila menggunakan mesin cuci. Mesin cuci menghasilkan banyak limbah air yang terbuang begitu saja. Berikan interval waktu mencuci baju, misalnya dua sampai tiga hari sekali. Dengan begitu, limbah air dari mesin cuci bisa berkurang. Bukan cuma menghemat air, Anda juga bisa menghemat listrik.

2. Waspadai Kebocoran

Ilustrasi pipa air bocor. (Dok. Pixabay)
Ilustrasi pipa air bocor. (Dok. Pixabay)

Secara rutin, saluran-saluran air di rumah perlu diperiksa untuk melihat apakah ada kebocoran atau tidak. Sekecil apapun kebocoran adalah pemborosan air karena air terbuang sia-sia tanpa dipakai. Beberapa titik yang rawan bocor adalah pipa bak cuci, pipa mesin cuci, dan juga keran air di kamar mandi maupun dapur.

Bila ada kebocoran kecil, jangan menunda dan menunggu kebocoran menjadi besar. Selain lebih banyak air yang terbuang, biaya perbaikannya pun akan memakan waktu yang lebih lama dan juga tarif yang lebih mahal.

3. Atur Waktu Mandi dan Gunakan Pancuran

Baca Juga: Alat Ini Bisa Cuci Pakaian Tanpa Listrik dan Hemat Air

Mandi pakai shower. (Dok. Pixabay)
Mandi pakai shower. (Dok. Pixabay)

Hemat air bukan menjadi alasan untuk malas mandi. Cara untuk tetap menjaga kebersihan badan tapi tetap hemat air adalah dengan tidak mandi terlalu lama. Menggunakan shower puff bisa mempercepat proses membersihkan badan. Jika rambut Anda panjang, atur jadwal keramas dalam satu minggu supaya tidak banyak air yang terbuang.

Komentar