alexametrics

Siap-siap Dimanjakan Kuliner Khas, Jakarta Dessert Week Bakal Digelar

Silfa Humairah Utami | Dinda Rachmawati
Siap-siap Dimanjakan Kuliner Khas, Jakarta Dessert Week Bakal Digelar
Konferensi pers Jakarta Dessert Week. (Suara.com/Dinda Rachmawati)

Berburu makanan lezat di Jakarta Dessert Week, catat tanggalnya

Suara.com - Siap-siap Dimanjakan Kuliner Khas, Jakarta Dessert Week Bakal Digelar

Jakarta tak hanya sekedar surganya dessert lezat, tapi juga tempat bagi para pastry chef berkarya. Untuk terus membangun ekosistem yang kondusif bagi pertumbuhan industri dessert di Jakarta, sebuah acara menarik siap dihadirkan.

Jakarta Dessert Week (JDW) adalah yang menjadi wadah kreasi para chef tersebut. Digagas oleh enam orang praktisi dan penggiat dunia kuliner, Talita Setyadi, Tria Nuragustina, Gupta Sitorus, Primo Rizky, Kevindra Soemantri, Arimbi Nimpuno, acara diharapkan menambah pertumbuhan industri dessert di Jakarta.

Co-Founder JDW, Talita Setyadi mengungkap, jika acara ini bertujuan memberikan platform bagi para pastry chef untuk menunjukkan karyanya. Karena dessert bukan hanya sekedar hidangan penutup, tapi seperti seni, ia memiliki arti dan filosofi tersendiri bagi para pembuatnya.

Baca Juga: Kini Tidak Sulit Menemukan Kuliner Legendaris Indonesia

"Sebagai praktisi, saya ingin membangkitkan percakapan lebih seputar dessert di ibukota. Dessert yang menarik di mata milenial, menumbuhkan minat untuk nyemplung ke dunia pastry. Regenerasi dari praktisi baru yang bermutu, membangun business sustainability produk gourmet. Saya melihatnya secara long term,” jelas dia dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (26/9/2019).

Lebih lanjut, Talita menjelaskan jika JDW nantinya akan diselenggarakan pada 7-20 Oktober 2019 di 19 resto partner yang telah bergabung dalam acara ini dengan dua program utama.

Pertama ialah Special Menu, yang dinamai JDW Official Dessert. Di mana JDW telah melakukan proses kuratorial pada sejumlah restoran hingga pastry shop yang dianggap memiliki narasi dessert yang baik. Tempat-tempat ini akan menyajikan kreasi spesial mereka khusus di dalam periode JDW 2019.

Ia melanjutkan, jika JDW Official Dessert mengusung tema ‘retro’, merujuk kepada desain atau cita rasa dari masa lalu. Tujuannya untuk melihat perspektif para seniman dapur dalam merespon tema menjadi unsur menarik bagi menu yang dijual.

Program selanjutnya, lanjut Co-Founder Tria Nuragustina ialah Special Events. Di mana nantinya beberapa chef independen yang tidak terikat pada restoran atau premis, akan melakukan pop-up berkolaborasi dengan berbagai restoran. Akan ada pula sejumlah masterclass.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Kuliner Khas Meksiko yang Terbuat dari Olahan Labu Siam

"JDW memang bukan seperti food festival, tetapi pada waktu dua minggu itu, resto partner yang sudah terpilih akan menyajikan menu special dengan satu tema," ungkap Tria.

Komentar