alexametrics

Kenalan Dengan GRC Board, Papan Berdaya Tahan Unggul

Vania Rossa
Kenalan Dengan GRC Board, Papan Berdaya Tahan Unggul
Ilustrasi GRC board. (Shutterstock)

Dikenal sebagai material berdaya tahan tinggi, papan GRC selalu menjadi pilihan utama dalam membangun hunian.

Suara.com - Bila dibandingkan dengan beberapa dekade ke belakang, proses perancangan dan pembangunan hunian baik berupa rumah tinggal pribadi atau gedung jauh lebih mudah. Perkembangan ilmu arsitektur dan teknik yang dikombinasikan dengan teknologi dalam desain eksterior maupun interior menghasilkan berbagai teknik dan material pembangunan yang lebih cerdas, aman, dan praktis.

Salah satunya adalah GRC board atau Glassfiber Reinforced Cement Board. Berdasarkan nama teknisnya, papan GRC adalah material yang struktur utamanya dibentuk oleh semen dan serat. Sebagai perbandingan, GRC memiliki bahan dasar yang mirip dengan beton. Namun, alih-alih menggunakan tulang baja untuk mengikat material di dalamnya, GRC menggunakan glassfiber.

Papan GRC pada umumnya digunakan sebagai plafon dari sebuah bangunan atau langit-langit bangunan, walaupun tidak menutup kemungkinan untuk digunakan sebagai panel lapisan eksterior dan interior yang bersifat dekoratif. Papan GRC menyimpan segudang fitur yang membuatnya unggul dibandingkan material lainnya, terlebih untuk plafon. Telah dirangkum oleh Dekoruma, berikut keunggulan papan GRC.

1. Tahan Lama, Antiair, dan Antiapi

Baca Juga: Mengenal Kayu Kamper, Si Material Anti-Rayap

Papan GRC mulai dilirik dan menjadi primadona karena kekuatan yang ditawarkannya. Material pembentuknya membuat papan GRC tidak mudah lapuk apabila terkena air atau lembap karena cuaca yang basah. Ditambah, papan GRC tidak mudah terbakar dan ambruk dalam skenario terburuk ketika bangunan terbakar. Ketahanan dasarnya pun bisa mencapai 25 tahun yang apabila dibandingkan dengan papan gypsum, semisal, tentunya berbeda jauh dari aspek resistansi dan kekuatan terhadap faktor eksternal. Selain antiair dan antiapi, GRC juga antirayap dan antilapuk.

2. Harga Cenderung Lebih Terjangkau

Selain ketahanan, harganya yang relatif lebih terjangkau dibandingkan papan dengan material lainnya. Hal ini menjadi alasan kuat mengapa GRC Board mulai sering digunakan dalam proses pembangunan. Harganya sekitar Rp 57.000 untuk ukuran 1,2 x 2,4 meter dengan ketebalan 4 milimeter. Bandingkan dengan gypsum dengan panjang dan lebar yang sama dengan ketebalan 9 milimeter, harganya dimulai dari Rp 61.000 ke atas.

3. Cepat dan Mudah Dipasang, Aman Bagi Kesehatan

Dibanding material lain, proses pemasangan papan GRC memakan waktu yang lebih singkat dan tidak rumit. Bobotnya yang ringan dan proses alterasi yang minim membuatnya lebih mudah dipasang.

Baca Juga: Terbuat dari Kayu, Begini Wujud Koper Mewah Seharga Mobil

Struktur pembuatannya yang tidak menggunakan asbestos membuatnya aman bagi kesehatan dibanding material papan lain yang menggunakan asbes yang sudah terbukti berbahaya bagi kesehatan, khususnya paru-paru.

Komentar