Video Viral Pengantin Disembur Asap Rokok, Ritual Sembogo Tuai Kontroversi

Vania Rossa | Vessy Dwirika Frizona
Video Viral Pengantin Disembur Asap Rokok, Ritual Sembogo Tuai Kontroversi
Pengantin Disembur Asap Rokok. (Screenshot Video Instagram/@kebayagaunstyle)

Netizen dikejutkan dengan video persiapan pengantin Jawa yang disembur asap rokok jelang akad nikah.

Suara.com - Baru-baru ini, netizen dikejutkan dengan video persiapan pengantin Jawa yang disembur asap rokok jelang akad nikah. Konon, ritual itu dilakukan untuk mengeluarkan aura si pengantin perempuan agar terlihant cantik manglingi saat menikah.

Dalam video yang diunggah oleh akun Instagram @kebayagaunstyle tersebut, diketahui calon pengantin perempuan adalah De Ajenk Purbandini Cahya Ningrum asal Yogyakarta, yang merupakan Puteri Pariwisata 2016. De Ajenk melangsungkan pernikahan pada 12 Oktober 2019 silam dengan lelaki bernama Hangga menggunakan adat Solo.

Dalam video tersebut diperlihatkan ritual Sembogo, di mana pengantin perempuan yang telah telah dirias cantik disemburkan asap rokok berkali-kali oleh seorang Makeup Artist (MUA) yang sudah sepuh.

Secara perlahan, perempuan paruh baya itu mengisap rokok yang diselipkan dijemari kanannya. Di hadapannya, berdiri pengantin perempuan dengan mata terpejam. Kemudian MUA menghembuskan asap rokok secara perlahan sambil membacakan mantra dan doa.

Dalam keterangan foto dituliskan bahwa itu adalah ritual Sembogo, salah satu mantra atau ajian. Tepatnya pengasihan sembogo cahyo. Agak mistis, tapi disebutkan ini salah satu dari banyaknya budaya di Indonesia.

Melihat ritual tersebut, netizen pun ramai memberi komentar. Ritual ini menuai kontroversi karena ada yang menganggap melanggar peraturan agama.

"Nyium bau rokok dari jauh aja udah gak suka, apalagi nyium bau rokok di muka sendiri," tulis netizen.

"Memang begitu, dulu saya pas mau dirias, biar manglingi," timpal yang lain.

"Astagfirullah. Syirik," tambah akun lain.

Menanggapi kotroversi di kalangan netizen, De Ajenk pun memberi penjelasan melalui Instagram Story-nya. Ia memposting penjelasan dari seseorang mengerti tentang ritual adat tersebut, @masbeiedi.

Begini isi Instagram Story-nya:

"Doa Sembaga Pengantin adalah doa dari juru paes/sesepuh yang dilantunkan dengan media asap rokok.

Doa sembaga ada beberapa macam, ada doa Sembaga Bhumi, Sembaga Cahya, Sembaga Pupur, dan lain-lain. Doa yang terucap dalam video ini adalah bagian dari Sembaga Pupur (ketika akan berhias diri dan berbusana, biasanya untuk diri sendiri), maksudnya apa sih? Tiada maksud lain dari doa ini selain memohon kewibawaan dan keselamatan diri dari kekuatan jahat yang tidak terlihat.

Jika tidak memahami makna dan falsafahnya, bijaklah menyikapi adat dan budaya daerah lain yang jelas berbeda tanpa menghakimi dan menertawakannya. Dan janganlah mencampurkan adat budaya dengan agama."

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS