Liburan ala Backpacker? 5 Rekomendasi Tempat Wisata Murah di Semarang

Fabiola Febrinastri
Liburan ala Backpacker? 5 Rekomendasi Tempat Wisata Murah di Semarang
Tugu Muda. (Sumber : situsbudaya.id)

Jika ingin menjelajahi Semarang, mulailah perjalanan dari kawasan Simpang Lima.

Suara.com - Liburan ala backpacker pastilah menyenangkan sekaligus menantang. Semua perjalanan harus terencana dengan baik, termasuk merencanakan ke berbagai tempat wisata unik dan murah. Jika Anda sedang membuat rencana perjalanan ke Semarang, masukkan lima tempat wisata murah ini dalam daftar tempat wisata yang wajib dikunjungi. Apa saja tempat-tempatnya? Yuk, disimak.

1. Tugu Muda
Jika ingin menjelajahi Semarang, mulailah perjalanan dari kawasan Simpang Lima. Di kawasan strategis ini, Anda bisa menemukan sejumlah tempat wisata murah, salah satunya adalah Tugu Muda. Monumen yang memiliki nilai sejarah ini merupakan simbol perlawanan rakyat Semarang melawan penjajah Jepang dalam pertempuran lima hari.

Tugu Muda. (Sumber : situsbudaya.id)
Tugu Muda. (Sumber : situsbudaya.id)

Di sini, Anda bisa bersantai bahkan berfoto dengan latar belakang Tugu Muda. Beralamatkan di Jl. Yudistira No.5, Pendrikan Kidul, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang. Tugu Muda bisa menjadi tempat wisata yang tepat untuk memulai liburan karena tidak memerlukan biaya tiket masuk alias gratis.

2. Lawang Sewu
Masih di kawasan Simpang Lima, sempatkan untuk mengunjungi salah satu ikon terkenal Semarang, Lawang Sewu, yang letaknya dekat bundaran Tugu Muda. Seperti namanya, Lawang Sewu sendiri merupakan bangunan tua peninggalan Belanda yang memiliki lebih dari 1200 daun pintu dan 429 lubang pintu.

Bangunan ini pernah menjadi kantor Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij.
Jika Anda suka bertualang ke tempat wisata angker namun bersejarah, maka mengunjungi Lawang Sewu adalah pilihan yang tepat. Harga tiket masuk ke tempat ini pun hanya Rp10.000. Cukup murah, bukan?

3. Sam Poo Kong
Tempat wisata lain yang murah untuk backpacker adalah Sam Poo Kong, yaitu sebuah kelenteng dengan arsitektur unik. Sam Poo Kong menjadi bukti keberagaman budaya Indonesia, di mana masyarakat bisa hidup berdampingan dengan damai.

Sam Poo Kong. (Sumber : genpi.co)
Sam Poo Kong. (Sumber : genpi.co)

Dengan membayar tiket masuk seharga Rp 5.000 per orang, Anda bisa berswafoto sambil mempelajari perjalanan pelaut asal Tiongkok yang beragama Islam, Laksamana Cheng Ho. Ingin datang ke kelenteng ini? Lokasinya terletak di Jalan Simongan No. 129, Bongsari, Semarang.

4. Gereja Blenduk
Destinasi wisata murah ke Semarang lainnya adalah GPIB Immanuel atau yang dikenal dengan Gereja Blenduk. Gereja ini juga merupakan salah satu ikon terkenal setelah Lawang Sewu. Dengan jarak hanya sekitar 200 meter dari Polder Tawang, bangunan ini merupakan gereja Kristen tertua di Jawa Tengah.

Dibangun oleh Belanda pada tahun 1753, bangunan Gereja Blenduk memiliki bentuk diagonal dengan karya seni tinggi. Di dalam kubah gereja terdapat orgel Barok yang merupakan orgel satu-satunya di Indonesia. Untuk bisa menikmati keindahan arsitektur gereja ini, Anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000.

5. Kampung Seni Padang Rani
Masukkan kunjungan ke Kampung Seni Padang Rani dalam rencana perjalanan Anda. Padang Rani sendiri merupakan kepanjangan dari Paguyuban Pedagang Barang Seni. Karena tempat ini dipenuhi barang antik, banyak wisatawan, khususnya backpacker, yang berkunjung untuk sekadar berfoto atau berburu barang antik. Mulai dari hiasan dinding, uang kuno, hingga barang pecah belah untuk koleksi atau suvenir. Kampung Seni Padang Rani berlokasi di antara Taman Sri Gunting dan Spiegel, dan untuk masuk ke dalamnya tidak dikenakan biaya alias gratis.

Bagaimana, sudah menyiapkan daftar tempat yang akan dikunjungi ke Semarang? Sebelum berkunjung, jangan lupa untuk menyiapkan akomodasi dengan pesan hotel online di Airy. Melalui aplikasi ini, Anda bisa mendapatkan berbagai informasi berbagai hotel di Semarang yang sesuai dengan bujet perjalanan. Dapatkan juga promo harga sewa kamar hotel di waktu-waktu tertentu.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS