Tak Cuma Bumbu Dapur, Kayu Manis Juga Efektif Atasi Masalah Jerawat

Rima Sekarani Imamun Nissa | Kintan Sekarwangi
Tak Cuma Bumbu Dapur, Kayu Manis Juga Efektif Atasi Masalah Jerawat
Setengah sendok teh bubuk kayu mayu manis setiap hari terbukti efektif menurunkan kolesterol jahat. (shutterstock)

Selain diandalkan sebagai bahan rempah-rempah dalam olahan makanan, kayu manis juga bisa dimanfaatkan untuk perawatan kulit.

Suara.com - Kayu manis menjadi salah satu rempah-rempah yang biasa digunakan sebagai bumbu dapur. Ternyata, kayu manis juga mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan.

Manfaat kayu manis di antaranya mengontrol gula darah, menurunkan kolestelor, bahkan mencegah pertumbuhan sel kanker. Selain bermanfaat bagi kesehatan, kayu manis juga memiliki khasiat yang tinggi untuk perawatan kecantikan, khususnya jerawat.

Bagi kalian yang memiliki jerawat, tak perlu khawatir lagi untuk mengatasi masalah kulit satu ini. Sebab, masker kayu manis bisa menjadi salah satu referensi kamu dalam mengatasi jerawat.

Pembuatan masker kayu manis untuk jerawat biasanya melibatkan madu atau susu. Namun jika alergi susu, kamu bisa memilih madu untuk dicampurkan dengan bubuk kayu manis saja.

Pilihlah madu manuka yang terkenal ampuh mengatasi jerawat. Madu jenis ini bersifat melembapkan kulit serta membantu melawan peradangan yang disebabkan oleh jerawat. 

Kayu Manis
Kayu Manis. (Shutterstock)

Caranya, campur dua sendok teh kayu manis bubuk dan dua sendok makan madu. Aduk rata hingga membentuk pasta atau krim.

Oleskan adonan masker tersebut ke seluruh wajah. Diamkan masker selama 30 menit lebih. Setelah itu, bilas dengan air mengalir sampai wajah bersih.

Ada sebuah catatan penting dalam melakukan perawatan kulit ini. Pastikan kamu tidak memiliki alergi terhadap kayu manis dan madu sebelum mengoleskannya langsung pada kulit wajah.

Ilustrasi perawatan wajah. (Shutterstock)
Ilustrasi perawatan wajah. (Shutterstock)

Untuk mengujinya, kamu bisa mengoleskan sedikit krim masker di punggung tangan dan tunggu 10-15 menit untuk melihat apakah ada reaksi yang muncul seperti bengkak kemerahan atau gatal.

Jika tidak ada, kamu boleh mengoleskan masker kayu manis tersebut di wajah. Gunakan masker campuran kayu manis untuk jerawat maksimal satu sampai dua kali dalam seminggu.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS