Jadi Desainer Busana Muslim, Oki Setiana Dewi: Negara Butuh Menerima Cadar

Vania Rossa | Dini Afrianti Efendi
Jadi Desainer Busana Muslim, Oki Setiana Dewi: Negara Butuh Menerima Cadar
Oki Setiana Dewi. (Suara.com/Dini Afrianti Efendi)

Oki Setiana Dewi berharap pemerintah mampu menerima penggunaan cadar bagi muslimah.

Suara.com - Belum lama ini, ramai perihal wacana pelarangan celana cingkrang dan cadar oleh Kementerian Agama bagi aparat sipil negara atau ASN. Meskipun ini masih sebatas wacana, namun banyak pemangku kebijakan yang sepakat dengan hal itu.

Sebagai seorang desainer modest wear atau busana muslim dan orang yang konsen terhadap isu syariat islam, artis Oki Setiana Dewi berharap pemerintah mampu menerima penggunaan cadar bagi muslimah, meskipun ia tak menampik jika hal itu membutuhkan proses.

"Niqab (cadar) sesuatu yang bagus banget, kalau wajahnya menawan dan ingin melindungi diri dari fitnah. Sama halnya jilbab tahun 1980-an diterima, begitu juga pakaian syar'i tahun 2008," ujar Oki ketika ditemui di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (5/11/2019).

"Sekarang banyak yang pakai baju syar'i ke mal, ke kantor, dan sebagainya. Niqab, negara perlu proses, dan negara perlu menerima," lanjutnya.

Pemeran Ayat-Ayat Cinta itu juga menambahkan, kini sudah semakin banyak perempuan muslimah yang mau menggunakan cadar. Kata Oki, ini sesuai dengan ajaran agama Islam karena akan melindungi perempuan itu sendiri. Itu jugalah alasan ibu tiga anak ini membuat busana muslimah yang dilengkapi dengan cadar.

"Sekarang makin banyak perempuan berniqab, makanya kenapa baju ini melengkapi niqab tebal sesuai warna bajunya. Surah Al-Ahzab ayat 59, fungsinya jilbab pelindung buat kita, kita boleh pakai baju baik, tapi tidak mencolok," terangnya.

Sementara itu, koleksi busana terbaru Oki Setiana Dewi yang dilengkapi cadar ini berkolaborasi dengan desainer modest Irma Mutiara, yang memang memiliki desain yang khas dan elegan.

Sebanyak 8 looks akan diperagakan di atas catwalk Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) di JCC Senayan, acara kolaborasi antara Indonesia Fashion Chamber (IFC) dan Bank Indonesia, yang berlangsung selama 2 hari sejak 14 hingga 15 November 2019.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS