Menurut Para Ahli, Ini Caranya Sembuh dari Ketagihan Selingkuh

Rima Sekarani Imamun Nissa
Menurut Para Ahli, Ini Caranya Sembuh dari Ketagihan Selingkuh
Ilustrasi seorang perempuan menggunakan ponsel di tempat tidur. [Shutterstock]

Selingkuh memang bisa membuat seseorang ketagihan melakukannya.

Suara.com - Beberapa orang mungkin merasa kapok atau menyesal setelah mengkhianati pasangannya. Namun, banyak juga yang malah ketagihan selingkuh dan terdorong melakukannya berulang kali.

Melansir Elite Daily, sebuah studi yang terbit dalam Journal of Social and Personal Relationships, peneliti menemukan rata-rata orang punya potensi selingkuh dari pasangannya hingga sekitar 42 persen.

Studi lain yang dilakukan tahun 2017 dan diterbitkan dalam jurnal Archives of Sexual Behavior, menunjukkan bahwa sekali seseorang berkhianat, mereka menjadi tiga kali lebih mungkin untuk melakukannya lagi di kemudian hari.

Menurut pakar hubungan NYC, Susan Winter, ada banyak alasan yang memotivasi perselingkungan berulang. Salah satunya adalah keinginan validasi pribadi.

"Siapa yang tidak ingin merasa dirinya menarik?" tanya Winter kepada Elite Daily. Dia bilang, pelaku selingkuh merasa semakin banyak pengakuan dan validasi pribadi yang diperoleh, mereka pun semakin bangga dengan diri sendiri.

Ilustrasi lelaki memergoki pasangannya sedang selingkuh. (Shutterstock)
Ilustrasi lelaki memergoki pasangannya sedang selingkuh. (Shutterstock)

Apakah Anda termasuk orang yang ketagihan selingkuh tapi sedang bertekad ingin menjadi pribadi lebih baik? Berikut bebrapa beberapa cara yang bisa dilakukan jika Anda tidak bisa berhenti selingkuh menurut para ahli, dirangkum dari Elite Daily.

1. Carilah bantuan dari tenaga profesional

Keinginan berubah harus datang dari dalam diri sendiri. Winter menyatakan untuk mencari bantuan dari ahli guna menemukan akar masalah dan memantapkan komitmen sembuh dari dari kebutuhan obsesif berupa perselingkuhan.

Bagaimanapun, hal yang harus ditangai terlebih dahulu adalah inti masalahnya, bukan ketagihan selingkuh yang ternyata cuma efeknya.

2. Bersikap transparan sepenuhnya

Ciptakan situasi yang rasanya jadi lebih sulit untuk menjaga rahasia dari pasangan. Ini juga sekaligus cara untuk membangun kembali hilangnya kepercayaan dari pasangan.

Pakar hubungan Damona Hoffman menyarankan untuk memberikan kata sandi pribadi apapun kepada pasangan dan menjalin komunikasi yang jauh lebih intens, misalnya melaporkan semua kegiatan yang Anda lakukan.

Menurut Para Ahli, Ini Caranya Sembuh dari Ketagihan Selingkuh - 2
Ilustrasi selingkuh. (Shutterstock)

"Sangat penting untuk membangun kembali kepercayaan. Memang memakan waktu lama tapi itu dimulai dengan menjadi benar-benar terbuka dan memastikan bahwa ucapan Anda cocok dengan tindakan Anda secara berulang-ulang," kata Doffman.

3. Akui saja dan jujurlah kepada pasangan

Saran terakhir mungkin tampak radikal. Namun, Winter berpendapat jika Anda memang sangat sulit untuk lepas dari nikmatnya ketagihan selingkuh, langkah terbaik adalah menerima kondisi tersebut dan lakukan saja secara totalitas.

Artinya, terbukalah kepada pasangan tentang fakta bahwa monogami tak cocok untuk Anda. Alih-alih selingkuh, cari pasangan yang nyaman dengan kondisi Anda atau bahkan menjajal poligami.

"Berdamai dengan fakta bahwa Anda tidak bisa atau tidak akan setia adalah langkah besar dalam menghilangkan rasa bersalah dan malu yang Anda miliki," ujar Winter.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS