Cuci Baju Bareng, Cara Unik Mendidik Anak ala Ayudia Bing Slamet

Vania Rossa | Dini Afrianti Efendi
Cuci Baju Bareng, Cara Unik Mendidik Anak ala Ayudia Bing Slamet
Ayudia Bing Slamet. (Suara.com/Dini Afrianti Efendi)

Siapa yang tertarik meniru cara unik Ayudia Bing Slamet?

Suara.com - Beragam cara dilakukan para ibu agar anaknya kelak tumbuh menjadi sosok yang mandiri. Salah satunyanya seperti yang dilakukan Ayudia Bing Slamet. Ia mengajak buah hatinya, Sekala, mencuci baju bersama. Hal ini ia lakukan agar anaknya bisa hidup mandiri kelak, meski anak cowok.

"Sekolah di mana, di negeri mana, otomatis kan dia harus mandiri, dia harus cuci baju sendiri, jadi menurut aku nggak masalah ajak anak cowok, misal untuk ke dapur kita," ujar Ayudia di Gandaria City, Jakarta Selatan, Jumat (6/12/2019).

Diakui oleh keponakan aktor senior Adi Bing Slamet ini, mencuci baju jadi momen parenting antara Ayu dan Sekala yang saat ini masih berusia 3 tahun. Menurutnya, ia diuntungkan karena di umur ini, anaknya sedang diliputi oleh rasa ingin tahu yang besar. Apalagi, upayanya itu didukung penuh oleh suaminya, Dito Percussion.

"Dan quality time juga sama anak, waktu dia nyuci, dia ajak ngobrol dan lain-lain, main masukin deterjennya, kasih pewangi, Ayu seneng banget," imbuh Dito menanggapi.

Jadi, selain mengajarkan Sekala untuk membantu ibunya mengerjakan pekerjaan rumah, bagi Ayu, ini juga bisa jadi momen hiburan yang menyenangkan.

"Kebetulan dia (Sekala) anaknya memang penasaran sama macem-macem kan, jadi dia tertarik sama semua hal, jadi aku ajarin dan dia seneng banget. Jadi kalau misalnya aku bawa baju kotor, dia yang masukin, dia excited banget," ungkap Ayu menggebu-gebu.

Di sisi lain, saat Sekala mencuci bersama Ayu, Dito berusaha untuk ikut membantu dengan memilah-milah baju dari sisi warna hingga bahan untuk dimasukkan ke mesin cuci agar tidak tercampur.

"Saya bawain baju ke atas, kan mesin cucinya ada di lantai 3. Saya pisah-pisahin biar mudahin dia buat nyuci. Itu sederhana, tapi mudahkan dia buat masukin. Karena saya nggak suka kalau pakaian campur. Apalagi yang mudah luntur," sahut Dito.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS