alexametrics

Tips Merapikan Rumah dan Menata Kembali Perabotan Pascabanjir Ala Konmari

Vania Rossa | Vessy Dwirika Frizona
Tips Merapikan Rumah dan Menata Kembali Perabotan Pascabanjir Ala Konmari
Merapikan Rumah. (Shutterstock)

Pascabanjir, saatnya menata kembali rumah Anda. Coba tips ala Konmari berikut agar rumah tampak lebih rapi.

Suara.com - Banjir yang menggenangi beberapa titik di kawasan pemukiman Jabodetabek, berangsur-angsur surut. Warga pun mulai disibukkan membersihkan rumah dan kemudian menata kembali perabotan rumah tangga.

Bagi Anda korban banjir yang juga sedang berbenah, tak ada salahnya menata perabotan rumah tangga pascabajir dengan metode KonMari, perempuan asal Jepang yang mengembangkan metode merapikan rumah, seperti dilansir dari Goodhousekeeping, Kamis (2/1/2020), berikut ini.

Metode KonMari adalah pendekatan minimalis yang diilhami oleh Marie Kondo untuk merapikan barang berdasarkan kategori barang-per-barang, bukan berdasarkan ruangan. Ada beberapa aturan dasar untuk memulai proses penataan rumah. Tapi sebelumnya, lupakan gaya hidup ideal versi Anda, dan ikhlaskan barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan.

Kategorikan barang

Baca Juga: Kesulitan Mengepak Koper Saat Liburan, Coba Metode KonMari

Keluarkan semua barang dari penyimpanan dan pisahkan menjadi lima kategori, yaitu pakaian, buku, dokumen, komono atau benda-benda lain, serta benda-benda yang memiliki kenangan (misalnya foto, souvenir, dll).

Rapikan berdasarkan item

Setelah dipilah menjadi tumpukkan besar, mulailah memilih. Pada tahap ini Anda mungkin akan stres dalam memilih barang. Anda mungkin ingin tetap menyimpan semua barang yang sesungguhnya tak Anda butuhkan. Nah, untuk mengurangi beban itu, yakinkan mana barang yang benar-benar Anda suka dan bahagia memilikinya.

Selesaikan berdasarkan kategori

Anda baru boleh berpindah kategori setelah satu kategori selesai. Jadi, pilihlah barang yang memang benar-benar layak Anda simpan atau pertahankan di tempat yang sudah disediakan. Di laci, lemari, atau rak.

Baca Juga: Begini Cara Menata Rumah ala Metode Konmari

Buat checklist

Komentar