Sambut Bayi Baru, Jangan Lupa Bersihkan Rumah dengan 5 Langkah Ini

Vania Rossa | Dini Afrianti Efendi
Sambut Bayi Baru, Jangan Lupa Bersihkan Rumah dengan 5 Langkah Ini
Ilustrasi ibu hamil membersihkan rumah. (Shutterstock)

Membersihkan rumah wajib dilakukan sebelum bayi lahir.

Suara.com - Bayi yang baru lahir tentulah membutuhkan penjagaan yang ekstra. Hal itu mengingat sistem kekebalan tubuh bayi yang belum terbentuk sempurna. Maka tak heran, jika para ibu selalu bersih-bersih rumah sebelum bayi lahir. Tujuannya, menyediakan ruangan dan lingkungan yang bersih dan aman untuk bayi yang baru lahir.

Nah, dilansir dari Boldsky, membersihkan rumah sebelum kedatangan bayi baru pun ada aturannya. Apa saja? Ini dia.

1. Bersihkan ruangan utama
American Academy of Pediatrics mengatakan produk pembersih dan obat-obatan harus dijauhkan dari pandangan dan jangkauan bayi. Tapi mengggunakan desinfektan wajib untuk membersihkan area utama di rumah seperti lantai, dapur, dan kamar mandi. Begitu juga meja dapur dan karpet di lantai harus dipastikan kebersihannya dan bebas dari kuman.

2. Taruh sepatu di luar
Jika biasanya tidak masalah pakai sepatu dan sandal di dalam rumah, maka saat ada bayi usahakan alas kaki selalu berada di luar. Bahkan jika ada tamu berkunjung, minta mereka meninggalkan sepatu mereka di luar untuk memastikan lantai terlindungi dari kuman masuk ke dalam rumah.

3. Biarkan banyak jendela terbuka
Semakin banyak ventilasi di dalam kamar, maka semakin baik kualitas udara di dalam rumah, dan ini sangat penting bagi bayi yang baru lahir.

Sebuah penelitian menyebutkan bayi yang tidur dengan mengandalkan kipas dan sirkulasi udara yang baik memiliki risiko rendah terkena sindrom kematian bayi mendadak atau SIDS dibanding bayi yang tidur di kamar kurang ventilasi.

4. Bersihkan dapur setiap hari
Gunakan desinfektan segera setelah mengolah bahan ikan mentah, ayam, atau daging untuk membatasi penyebaran bakteri. Jadi, membersihkan lantai dapur dengan kain pel adalah hal yang penting.

5. Jaga kebersihan kamar mandi
Kamar mandi adalah salah satu area yang paling banyak mengandung kuman di rumah. Jadi bersihkan dengan desinfektan setiap sudut kamar mandi. Usahakan selalu gunakan sandal setiap kali Anda menggunakan kamar mandi.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS