Bukan Hanya Tobiko, Yuk Kenali Berbagai Jenis Telur Ikan

Vania Rossa
Bukan Hanya Tobiko, Yuk Kenali Berbagai Jenis Telur Ikan
Ilustrasi telur ikan. (Shutterstock)

Selain Tobiko, ada berbagai jenis telur ikan lain yang tak kalah nikmat.

Suara.com - Bicara mengenai telur ikan (bahasa Inggris: roe), kebanyakan orang akan langsung terbayang pada tobiko yang sering ditemui di restoran sushi. Padahal, tobiko hanyalah salah satu jenis telur ikan. Selain tobiko, ada beberapa jenis telur ikan lainnya.

Mengutip wikipedia, telur ikan sendiri merujuk pada sekumpulan telur internal yang telah sepenuhnya matang yang berada di dalam ovarium ikan atau hewan laut lainnya, seperti udang, bahkan bulu babi.

Telur ikan bukan sekadar hiasan pada sebuah hidangan, melainkan bisa dimasak menjadi berbagai masakan ataupun dimakan langsung dalam keadaan mentah. Ini karena telur ikan, menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat seperti dilansir dari Medical News Today, Rabu (15/1/2020), sangat kaya akan protein dan asam amino.

Telur ikan juga mengandung banyak mineral dan nutrisi yang menyehatkan, seperti magnesium, selenium, dan vitamin B 12.

Selain itu, telur ikan juga mengandung asam lemak tak jenuh yang menyehatkan seperti omega-3. Asam lemak ini dapat membantu mengurangi peradangan dan melindungi otak dan sistem tubuh lainnya dari efek kerusakan oksidatif.

Sebuah studi yang muncul dalam Jurnal Food Science and Technology mencatat bahwa telur ikan mengandung lemak tinggi yang dapat membantu meningkatkan kemampuan belajar dan menurunkan kadar lemak dalam darah.

Nah, sekarang saatnya kita mengenal berbagai jenis telur ikan yang ada di pasaran, yang masing-masing memiliki rasa dan manfaat yang berbeda-beda. Ini dia.

Tobiko...

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS