7 Tahapan Menikmati Yu Sheng, Salad Ikan Makanan Khas Tahun Baru Imlek

M. Reza Sulaiman | Risna Halidi
7 Tahapan Menikmati Yu Sheng, Salad Ikan Makanan Khas Tahun Baru Imlek
Yu Sheng salah satu menu khas di perayaan Tahun Baru Imlek yang merepresentasikan suasana perayaan yang meriah dan kemakmuran. (Shutterstock)

Tak main-main, ada tujuh tahapan ritual sebelum mengonsumsi yu sheng. Apa saja?

Suara.com - 7 Tahapan Menikmati Yu Sheng, Salad Ikan Makanan Khas Tahun Baru Imlek

Yu Sheng atau yee sang merupakan salad tradisional masyarakat Tionghoa. Yu sheng, yang secara harafiah berarti salad ikan, biasa dikonsumsi bersama keluarga saat menyambut Tahun Baru Imlek.

"Yu berarti ikan sementara sheng itu mentah, jadi ikan mentah," kata Assistant General Manager Operation Din Tai Fung, Suhartojo Tatang kepada media, beberapa waktu lalu.

Yu sheng berisi salad sayuran aneka warna seperti selada, lobak, wortel, tomat, kacang kapri, serta ikan salmon, wijen, aneka manisan, minyak wijen, dan minyak plum serta kerupuk.

Belum lama ini, Suara.com berkesempatan mencicipi yu sheng khas restoran Din Tai Fung yang terletak di Mal Kelapa Gading, Jakarta Utara, sekaligus belajar bagaimana ritual yang benar sebelum mengonsumsi makanan tersebut. Tak main-main, ada tujuh tahapan ritual sebelum mengonsumsi yu sheng.

Pertama-tama, semua orang sudah siap di meja makan dan siap-siap dengan sumpit masing-masing sambil mengucapkan 'Gong Xi Fa Chai, Wan Shi Ru Yi'. Kalimat tersebut bermakna selamat dengan arti kurang lebih, "Selamat Tahun Baru Imlek, Semoga Harapan Anda Terpenuhi."

Tahap kedua, peras lemon ke atas ikan yang sudah disediakan sambil mengucapkan "Ta Ci Ta Lie" atau artinya "Semoga banyak rejeki".

Tahap ketiga, masukkan biji wijen dan kacang pada salad sayur dan mengupkan "U Fu Ling Men" yang berarti "Kebahagiaan telah menghampiri Anda dan keluarga".

Selanjutnya taburkan juga minyak wijen dan minyak buah plum sambil mengucap "Chai Yuen Kwang Cin" yang bermakna "Kekayaan akan mendatangi Anda".

Yu Sheng salad ikan makanan khas Imlek. (Suara.com/Risna Halidi)
Yu Sheng salad ikan makanan khas Imlek. (Suara.com/Risna Halidi)

Baru masukkan potongan ikan yang sudah diberi perasaan lemon ke dalam salad sayuran sambil mengatakan, "Nien Nien You Yi' yang berarti "Sepanjang tahun ada berkelimpahan."

Baru pada tahan keenam, tambahkan taburan kerupuk dan mengucap doa "Phien Ti Hwang Cin" atau "Penuh dengan keemasan dan kemewahan."

Terakhir, waktunya mengaduk yu sheng setinggi mungkin sambil berucap "Ta Chia Law Te Fung Sen Sui Chi" atau berarti "Silakan diaduk bersama-sama untuk kemakmuran dan kesuksesan Anda di tahun baru."

Itu dia 7 tahapan menikmati yu sheng. Selamat mencoba!

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS