alexametrics

Simak 4 Tips Menulis Buku Agar Dilirik Penerbit

Vania Rossa | Dini Afrianti Efendi
Simak 4 Tips Menulis Buku Agar Dilirik Penerbit
Ilustrasi menulis buku. (Shutterstock)

Bocoran ini dikasih langsung dari pihak penerbit, lho!

Suara.com - 'Menulis adalah bekerja untuk keabadian', begitu ungkapan dari penulis ternama Pramoedya Ananta Toer. Ya, dengan menulis, kita seolah menyimpannya dalam album kenangan yang suatu saat bisa dibuka kembali untuk bernostalgia.

Sudah menulis, lalu bagaimana cara menerbitkannya menjadi sebuah buku dan karya? Semua penulis tahu, tak mudah membuat penerbit mau melirik hasil karya pemula.

Tapi jangan menyerah. Ada bocoran langsung dari pihak penerbit supaya hasil karya kamu dilirik. Ida Bagus Kade Syumanjaya selaku Elex Fiction and Non Books Manager dari penerbit PT Elex Media Komputindo, menjelaskannya di bawah ini.

1. Jalan-jalan ke toko buku

Baca Juga: Artis Nulis Buku, Jaminan Laris? Ini Kata Penerbit

Setiap karya seni, seperti buku, pastilah memiliki pasarnya masing-masing. Tapi, kamu pasti ingin hasil karyamu, atau buku yang kamu tulis, bisa berimbas pada banyak orang. Nah, mulailah dengan melakukan riset.

Menurut Syumanjaya, lewat riset di toko buku, kita bisa mendapat ide-ide kreatif, misalnya cerita apa yang sedang hits, atau penulis dan buku dengan jalan cerita seperti apa yang memiliki banyak peminat.

"Kalau untuk penulis baru, banyak-banyaklah melihat di toko buku, ide apa yang best seller," ujar Syumanjaya beberapa waktu lalu.

2. Riset di media online

Mungkin banyak yang menganggap jika platform digital itu musuh bagi buku cetak. Padahal tidak juga, lho. Bahkan sekarang, penerbit tempat Syumanjaya bekerja suka melihat respons pembaca di media online.

Baca Juga: Penerbit Akui Tren Buku Komik Menurun Drastis, Bagaimana dengan Novel?

Misalnya, si penulis bisa membagikan potongan tulisannya di media online seperti wattpad, line today, hipwee, dan sebagainya. Lalu, jika respon pembacanya bagus, maka akan bagus juga penilaian penerbit yang memperbesar peluang karya kamu untuk dilirik dan diterbitkan oleh mereka.

Komentar