Mattel Segera Rilis Barbie 'Tak Sempurna', Berkepala Botak hingga Vitiligo

Vania Rossa
Mattel Segera Rilis Barbie 'Tak Sempurna', Berkepala Botak hingga Vitiligo
Rangkaian Boneka Barbie. (Mattel)

Lini Barbie terbaru ini akan memungkinkan anak-anak untuk mendapatkan lebih banyak cerita tentang apa yang ada di dunia di sekitar mereka.

Suara.com - Mattel, produsen boneka Barbie, akan meluncurkan lini boneka terbaru mereka yang menurut penciptanya akan menampilkan 'kecantikan multi-dimensi'. Tahun 2020 ini, Mattel akan merilis Barbie berkepala botak, Barbie dengan kondisi kulit vitiligo, dan Barbie dengan kaki palsu.

Selama ini, Mattel kerap dituduh telah menanamkan persepsi berlebihan pada jutaan anak perempuan di seluruh dunia mengenai definisi 'cantik' dan 'sempurna' lewat boneka Barbie-nya. Namun kali ini, Mattel berniat untuk 'mendefinisikan kembali apa artinya menjadi Barbie atau terlihat seperti Barbie'. Selain itu, dikatakan juga bahwa kondisi Barbie lini terbarunya ini akan memungkinkan anak-anak untuk mendapatkan lebih banyak cerita tentang apa yang ada di dunia di sekitar mereka.

Barbie vitiligo. (Mattel)
Barbie vitiligo. (Mattel)

Dilansir dari The Independent, untuk merancang boneka Barbie dengan kondisi kulit vitiligo, pihak Mattel bekerja bersama dokter kulit untuk memastikan vitiligo terwakili secara akurat.

Pada tahun 2019 lalu, prototipe Barbie lini 'tak sempurna' ini telah diunggah di akun Instagram Barbie dan dengan cepat menerima lebih dari 60.000 likes.

Barbie Botak. (Mattel)
Barbie Botak. (Mattel)

Untuk Barbie tanpa rambut alias botak, Mattel mengatakan bahwa mereka berharap boneka ini akan mewakili anak-anak yang mengalami kerontokan rambut dengan alasan apa pun, dan mereka dapat bercermin melalui boneka ini.

Sedangkan untuk Barbie dengan kaki palsu, Mattel berkolaborasi dengan Jordan Reeves, yang saat itu berusia 12 tahun dengan lengan palsu, yang punya misi untuk membangun solusi kreatif dalam membantu anak-anak cacat.

Barbie dengan Kaki Palsu. (Mattel)
Barbie dengan Kaki Palsu. (Mattel)

Kampanye inklusif Mattel sendiri sebenarnya telah berlangsung selama lima tahun terakhir. Hingga saat ini, Mattel telah memproduksi boneka Barbie dalam lima tipe tubuh, 22 warna kulit, 76 gaya rambut, 94 warna rambut, dan 13 warna mata.

Sedangkan untuk boneka Ken, tersedia dalam total empat jenis bentuk tubuh yang berbeda, 13 warna kulit, 9 warna mata, dan 22 warna rambut

Penambahan lini baru Barbie yang 'tak sempurna' ini akan semakin mendiversifikasi rangkaian Fashionista Barbie, sebuah langkah sadar oleh Mattel untuk melepaskan diri dari stereotip seksis dan harapan kecantikan yang tidak realistis yang pernah dikaitkan dengan boneka itu.

Boneka Barbie vitiligo akan tersedia di musim semi tahun 2020 ini, dan Barbie berkepala botak atau tanpa rambut dan Barbie dengan kaki palsu akan tersedia akhir tahun ini.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS