alexametrics

Hebohnya Festival Durian di Blitar, Ada yang Harganya Rp 500 Ribu!

M. Reza Sulaiman
Hebohnya Festival Durian di Blitar, Ada yang Harganya Rp 500 Ribu!
Festival Durian Sumberasri di Blitar ramai dikunjungi pengunjung. (Suara.com/Farian)

Ribuan orang tumpah rumah dalam gelaran festival durian yang berlangsung di Desa Sumber Asri, Nglegok, Kabupaten Blitar, Jawa Tengah.

Suara.com - Hebohnya Festival Durian di Blitar, Ada yang Harganya Rp 500 Ribu!

Ribuan orang tumpah rumah dalam gelaran festival durian yang berlangsung di Desa Sumber Asri, Nglegok, Kabupaten Blitar, Jawa Tengah.

Durian berbagai ukuran mulai dari paling kecil hingga ukuran jumbo ditata rapi diatas meja. Uniknya, ada satu durian yang paling menarik perhatian, karena dijual seharga Rp 500 ribu. Apa istimewanya?

"Lima ratus ribu mas. Ini jenis montong super," kata Yanti, petani durian asal Dusun Gambar Anyar, Sabtu (8/2/2020).

Baca Juga: Wadidaw! Durian Juga Dilarang di Mars ?

Ia mengatakan durian itu berjenis montong super dengan ukuran paling besar ketimbang durian lainnya. Dalam festival itu, ia dan suaminya membawa lebih dari dua puluh buah untuk dijual.

Bagi para pecinta durian, festival ini rasanya seperti sebuah surga yang wajib dikunjungi. Endang, warga Malang ini rela bepergian puluhan kilometer hanya agar bisa menikmati sensasi durian yang ditawarkan langsung oleh petani.

"Tadi saya sudah icip dan hampir setiap tahun saya kesini. Saya dengar dari Facebook ya. Ini sudah makan banyak sudah mulai pusing," katanya sambil menenteng durian.

Festival Durian Sumberasri ini digelar rutin setiap tahun. Tahun 2020 ini merupakan tahun ketiga festival itu dilakukan. Selain menjual durian, festival ini juga membawa misi untuk petani.

Selain dijual di tiap stan, panitia juga menyiapkan beberapa gunungan tumpeng durian untuk diarak. Tumpeng durian dan buah lain itu lantas jadi rebutan pengunjung ketika selesai diarak.

Baca Juga: Toko Buah Super Mahal di Jepang hingga Karya Seni dari Durian

Ketua Panitia Festival Durian Sumber Asri 2020, Budi Kuswantono mengatakan peningkatan ekonomi petani durian Sumberasri. Festival ini juga digelar untuk mempertemukan antara petani dengan pembeli langsung.

Komentar