Ini Alasan Ada Wajah Donald Trump Hingga Jokowi di Panggung NYFW 2020

Risna Halidi | Frieda Isyana Putri
Ini Alasan Ada Wajah Donald Trump Hingga Jokowi di Panggung NYFW 2020
Tampil di New York Fashion Week, 2Madison Avenue kampanyekan isu lingkungan. Wajah Jokowi di koleksi Liga. (Suara.com/Frieda Isyana)

Ada wajah Jokowi dan Donald Trump di panggung Pekan Mode New York, AS.

Suara.com - Menampilkan karakter atau tokoh pada produk fesyennya telah menjadi ciri khas desainer asal Indonesia, Maggie Hutauruk-Eddy.

Pada perhelatan New York Fashion Week (NYFW) 2020 kemarin, Maggie yang tampil dalam koleksi bertajuk 'Liga', menampilkan empat wajah yang ia anggap cukup berpengaruh dalam isu lingkungan.

Keempat tokoh tersebut adalah Greta Thunberg, seorang aktivis remaja asal Swedia yang getol mengampanyekan isu-isu lingkungan, Presiden Amerika Serikat kontroversial Donald Trump, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), dan mantan Menteri Perikanan dan Kelautan RI, Susi Pudjiastuti.

Melalui label miliknya, 2Madison Avenue, Maggie mencoba membawakan karya fesyen yang mengangkat isu lingkungan terutama limbah. Ia mengaku bahwa desain koleksi busananya terinspirasi dari keresahan kedua anaknya dan juga keresahan dirinya akan ancaman kerusakan lingkungan akibat limbah.

"Jika aku pergi ke New York, aku harus bawa pesan yang lebih dari sekadar fesyen. Dan itu ketika aku bilang 'Oke aku akan bawa si pak Jokowi dan bu Susi. Karena dia itu berani mendobrak banyak hal yang politisi gak mau lakukan. (Kata 'tenggelamkan') I love it," kata Maggie kepada wartawan, Selasa (18/2/2020).

Baginya, terobosan Susi selama menjabat sebagai seorang menteri dengan berani menenggelamkan perahu-perahu ilegal yang mengambil sumber daya alam di Indonesia patut diacungi jempol.

Tampil di New York Fashion Week, 2Madison Avenue kampanyekan isu lingkungan. Wajah Susi Pudjiastuti di koleksi Liga. (Suara.com/Frieda Isyana)
Tampil di New York Fashion Week, 2Madison Avenue kampanyekan isu lingkungan. Wajah Susi Pudjiastuti di koleksi Liga. (Suara.com/Frieda Isyana)

Begitu pula dengan kiprah kinerja Presiden Jokowi yang selama ini, menurut Maggie, sangat inovatif sehingga meyakinkannya untuk membawa dua tokoh Indonesia ini ke New York dalam bentuk lukisan di busananya.

Sedangkan Greta si aktivis cilik, menarik perhatiannya dengan cara yang berbeda. Kata Maggie, ketika banyak anak-anak seusianya masih asik bermain, Greta justru sibuk mengampanyekan isu pemanasan global dan perubahan iklim.

"Sesampainya di Amerika itu Greta diolok-olok, terutama oleh Donald Trump. Makanya saya taruh sekarang ada mukanya si Greta (di bagian depan), belakangnya ada Donald Trump," terangnya.

Maggie mengaku menyesalkan perlakuan Donald Trump tersebut dan mengatakan seharusnya Trump memberikan dukungan pada Greta. Maggie juga berharap pemimpin seperti Jokowi dan Trump, mengambil peran dan memimpin agenda perubahan ke arah yang lebih baik.

Pada kesempatan yang sama, fashion stylist Adi Surantha sangat mendukung seruan yang dibawa oleh Maggie lewat karya fesyen berupa gambar wajah keempat tokoh berpengaruh tersebut.

"Dia cukup fashion forward, cukup visioner memberikan pesan ramah lingkungan dengan menambahkan orang yang bisa berperan penting. Jadi kalau kita angkat pak Jokowi mungkin bisa jadi inspirasi, begitu juga dengan Donald Trump, karena Mbak Maggie kan di sana jadi bisa jadi atensi. Ada juga Greta dan bu Susi, yang memberikan isi hati tentang sosial dan politik," tutupnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS