Pesan Antar Makanan saat Wabah Corona Ini 3 Tips Agar Makanan Bersih & Aman

Vania Rossa | Dini Afrianti Efendi
Pesan Antar Makanan saat Wabah Corona Ini 3 Tips Agar Makanan Bersih & Aman
Ilustrasi pesan antar makanan [shutterstock]

Layanan pesan antar makanan jadi andalan saat kita harus di rumah aja.

Suara.com - Anjuran Presiden Joko Widodo untuk di rumah aja selama pandemi Covid-19, membuat sebagian besar masyarakat berpikir dua kali untuk keluar rumah. Alhasil, layanan pesan antar makanan pun jadi pilihan ketika kita ingin makan siang atau sekadar jajan.

Tapi, pesan makanan juga tidak boleh sembarangan, lho. Meski para ahli Badan Pengawas Obat dan makanan AS (FDA) menyebut tidak ada bukti kuat virus corona Covid-19 bisa ditularkan melalui makanan, tak ada salahnya kita berhati-hati demi memastikan makanan dan kemasan makanan yang diantar kepada kita bersih dan aman.

Mengutip Medical Daily, Sabtu (28/3/2020), berikut langkah-langkah sederhana untuk memastikan makanan yang Anda terima bersih dan aman.

1. Taruh kantong pengiriman di wastafel

Jangan meletakkan kantong berisi makanan yang baru diantar di atas meja, tapi letakkan di wastafel. Hal ini mengingat bisa saja di tas tersebut menempel virus Corona Covid-19. Setelah makanan dikeluarkan dan kantongnya dibuang, bersihkan wastafel Anda dengan disinfektan.

2. Pindahkan makanan ke piring

Pastikan Anda tidak langsung menyentuh makanan dan menyantapnya. Pindahkan dulu makanan ke piring, dan cuci tangan sebelum Anda menyantapnya. Begitu juga ketika Anda hendak menyimpan makanan di kulkas. Pindahkan dulu makanan ke wadah lain milik Anda, meski belum jelas apakah virus corona Covid-19 mampu bertahan di suhu dingin.

3. Cuci tangan

Pada dasarnya, langkah ketiga ini harus dilakukan tanpa memandang adanya pandemi Corona Covid-19 atau tidak, karena ini langkah kebersihan yang utama. Disarankan mencuci tangan dengan sabun dan air hangat yang mengalir sampai bersih selama 20 detik.

Sekadar informasi, hingga Jumat (27/3/2020), di Indonesia ada sebanyak 1046 orang yang terinfeksi Covid-19. Sebanyak 87 orang di antaranya meregang nyawa karena virus ini. Sedangkan 46 orang lainnya berhasil dinyatakan sembuh dan kembali pulang.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS