Ikuti Lima Peregangan Ini Sebelum Tidur Agar Anda Tidur Lebih Nyenyak

Risna Halidi | Frieda Isyana Putri
Ikuti Lima Peregangan Ini Sebelum Tidur Agar Anda Tidur Lebih Nyenyak
Stretching sebelum tidur, ilustrasi tidur, tidur. (Shutterstock)

Tidur yang nyenyak dan cukup bisa penting untuk kesehatan tubuh yang optimal.

Suara.com - Ikuti Lima Peregangan Ini Sebelum Tidur Agar Anda Tidur Lebih Nyenyak

Tidur nyenyak merupakan hak semua orang. Tidur yang nyenyak dan cukup bisa menjadi salah satu syarat penting untuk mendapatkan kesehatan tubuh yang optimal.

Ada banyak cara untuk bisa tidur lebih nyenyak, salah satunya adalah dengan melakukan peregangan.

Apabila Anda belum memasukkan peregangan dalam rutinitas sebelum tidur, mungkin hari ini bisa dicoba. "Peregangan statis adalah cara ideal untuk memenangan dan mejauhkan diri dari stres setelah hari yang panjang," kata guru yoga Jessica Matthews, dikutip Suara.com dari SELF.

Dengan peregangan statis, otot kita akan diregangkan hingga titik terasa tidak nyaman, dan ditahan tanpa bergerak selama beberapa detik. Peregangan ini sangat membantu untuk merilekskan tubuh dan pikiran.

Hal ini disebabkan gerakan yang lambat memberikan kita kesempatan untuk bernapas lebih lambat dan fokus pada napas kita, lanjut Matthews.

Untuk jangka panjang, ritual seperti ini ditambah meditasi rutin sangat baik untuk mengelola stres dan semua konsekuensi kesehatan yang berpotensi muncul karenanya.

Lakukan lima gerakan peregangan berikut ini yang hanya membutuhkan lima menit saja sebelum tidur, yuk coba!

1. Child’s Pose

Berlututlah di atas karpet yoga Anda dan buka lutut selebar bahu dan kaki di belakang Anda, tangan di depan (seperti merangkak). Lalu tarik napas dalam-dalam, lalu buang napas sambil menarik bagian perut Anda ke arah paha Anda.

Coba panjangkan bagian leher dan tulang punggung dengan menarik tulang rusuk Anda menjauh dari tulang ekor dan kepala Anda jauh dari bahu. Taruh kening Anda di bawah dan julurkan tangan ke depan. Tahan selama 30-60 detik.

2. Thread the Needle

Taruh kedua tangan dan kedua kaki, tangan tepat di bawah bahu dan pinggang sejajar dengan lutut. Lalu arahkan tangan kanan ke bawah dan melewati tubuh dengan telapak tangan ke atas.

Saat Anda melakukannya, tekuk siku kiri hingga tubuh bersandar pada sisi sebelah kanan. Anda akan merasakan peregangan di bagian belakang bahu kanan Anda. Tahan selama 30 detik, lalu ulangi untuk sisi satunya.

3. Sphinx Pose

Tengkuraplah dan luruskan kedua kaki ke belakang. Taruh kedua siku di bawah baru dan lengan Anda di lantai, sembari mengangkat dada Anda dari lantai.

Tekan pinggang dan paha Anda ke lantai dan cobalah untuk memanjangkan tulang punggung Anda sekaligus menjaga bahu Anda tetap rileks.

Tarik hingga Anda merasakan regangan di bagian bawah punggung Anda, namun jaga agar tidak berlebihan dan hentikan jika mulai merasa tidak nyaman. Tahan selama 30-60 detik.

4. Knee-to-Chest Stretch

Berbaringlah dan luruskan kedua kaki. Tarik lutut kanan Anda ke arah dada dan tetap jaga kaki kiri Anda lurus, serta bagian punggung bawah Anda menekan ke lantai. Tahan selama 30 detik, ulangi untuk sisi kaki satunya.

5. Supine Twist

Berbaringlah dengan memeluk kedua lutut Anda ke dada Anda lalu jatuhkan kedua lutut ke salah satu sisi tubuh sembari menarik bagian perut dan dada ke sisi sebaliknya.

Jaga agar lutut dan pinggang tetap sejajar saat Anda menariknya ke lantai dan jaga dada Anda tetap lurus mengarah ke atap semampu Anda. Tahan selama 30 detik, ulangi untuk sisi satunya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS