Cari Identitas Ayah Kandung, Pria Ini Syok Ternyata Punya 60 Saudara Tiri

Yasinta Rahmawati | Amertiya Saraswati
Cari Identitas Ayah Kandung, Pria Ini Syok Ternyata Punya 60 Saudara Tiri
Ilustrasi. (Shutterstock)

Sejak kecil, dirinya sudah curiga karena merasa tidak mirip dengan ayahnya sendiri.

Suara.com - Niatnya hendak mencari ayah kandung, Joey Hoofdman tidak pernah menyangka jika kisah hidupnya akan berubah rumit. Pasalnya, bukan cuma sosok ayah, Joey menemukan jika dirinya punya puluhan saudara tiri.

Kisah Joey Hoofdman ini sukses menarik perhatian sekaligus membuat syok banyak orang. Melansir Mirror, Joey sudah curiga sejak kecil bahwa penampilannya berbeda dari saudara-saudaranya.

Joey sendiri dilahirkan melalui prosedur inseminasi buatan. Menurut cerita orangtuanya, sang ibu dulu hamil setelah melakukan inseminasi buatan dengan sperma ayahnya di dokter kesuburan.

Namun, entah kenapa penjelasan ini tidak memuaskan Joey. Tak cuma wajah, sifat Joey pun berbeda jauh dari ayah dan saudara-saudaranya.

Kesal karena tidak mendapat jawaban, Joey pun akhirnya kabur dari rumah dan mencoba mencari tahu siapa ayah kandungnya. Dirinya bahkan sempat mengalami depresi.

Ilustrasi dokter dan stetoskop. (Shuttterstock)
Ilustrasi dokter dan stetoskop. (Shuttterstock)

Namun, di tahun 2017 silam, Joey akhirnya memberanikan diri untuk bertanya kepada ibunya.

"Apakah ayahku benar ayah biologis? Apa sesuatu terjadi padamu? Apakah aku anak tetangga atau anak orang lain?" tanya Joey waktu itu kepada ibunya.

Pertanyaan ini tentu membuat sang ibu ikut stres. Pasalnya, sang ibu yakin benar jika sperma yang digunakan saat inseminasi buatan adalah milik suaminya.

Meski begitu, sang ibu juga memberitahu identitas dokter kesuburan yang waktu itu membantunya. Penasaran, Joey pun mencari tahu tentang dokter yang bernama Jan Karbaat itu.

Dari sanalah, Joey sukses dibuat terkejut. Pasalnya, foto Jan Karbaat terlihat memiliki fitur wajah persis seperti dirinya.

"Rasanya seperti tersetrum. Aku tidak melihat wajahnya, aku melihat wajahku. Aku punya senyum sama, mata yang sama. Aku mengirimkan fotonya ke temanku dan mereka bertanya apakah itu aku."

Ilustrasi: saudara kandung, anak pertama, anak tengah, anak bungsu. (Shutterstock)
Ilustrasi (Shutterstock)

Jan Karbaat sendiri ternyata merupakan sosok dokter kesuburan yang kontroversial. Tak cuma ibu Joey, banyak yang mengirim komplain bahwa mereka diberikan tabung sperma yang salah.

Joey bahkan sempat mendatangi rumah Karbaat. Namun, Jan Karbaat yang saat itu berumur 89 tahun sudah sakit parah dan tak lama kemudian meninggal.

Hal tersebut tak membuat Joey menyerah. Setelah mencari lebih lanjut, Joey menemukan grup Facebook yang anggotanya merupakan anak-anak Jan Karbaat lainnya.

"Kami memutuskan untuk melihat apakah kami benar-benar berhubungan dan melakukan tes, dan benar kami adalah saudara tiri. Pengalaman itu sangat emosional," tambah Joey mengenai tes DNA pertamanya dengan Moniek Wassenaar, anak Karbaat lainnya.

Di tahun 2017, Karbaat sendiri diketahui punya 22 anak dari perkawinan yang sah. Sementara, anak dari pasiennya diduga sekitar 40-an.

Sekarang, Joey sendiri sudah mengenal paling tidak 61 saudara seayah. Keluarga mereka juga terus bertambah besar.

"Aku tidak lagi marah, tapi aku penasaran sekarang. Aku punya puzzle di kepalaku tapi aku tidak bisa menyelesaikannya."

"Mungkin dia melakukannya karena uang, mungkin dia ingin menjadi Tuhan. Itu yang dikatakan semua orang. Tapi, pada awalnya, kupikir dia hanya ingin membantu seorang ibu untuk punya anak," tandas Joey.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS