Wedang Bajigur, Minuman Tradisional Primadona di Ponorogo

Vania Rossa
Wedang Bajigur, Minuman Tradisional Primadona di Ponorogo
Ilustrasi wedang bajigur. (Shutterstock)

Wedang bajigur terbuat dari aneka rempah yang bermanfaat bagi kesehatan.

Suara.com - Di tengah pandemi Covid-19, minuman tradisional yang diolah dari rempah-rempah banyak dicari masyarakat karena dipercaya mampu menjaga serta meningkatkan imunitas tubuh. Salah satu yang kini menjadi favorit masyarakat Ponorogo adalah wedang bajigur.

Wedang bajigur diseduh dari berbagai bahan rempah-rempah yang dipercaya mampu meningkatkan imunitas tubuh.

"Wedang bajigur terbuat dari seduhan santan, jahe, cengkeh, kayu manis, gula jawa, garam, daun pandan serta kopi," ungkap Sudar Penjual wedang bajigur di komplek stadion Ponorogo.

Menurutnya, wedang bajigur cocok diminum saat udara dingin. Kandungan rempah-rempahnya banyak bermanfaat untuk menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Salah satu rempah yang terkandung di wedang bajigur, yaitu jahe, diketahui mengandung senyawa gingerol yang bisa mencegah berbagai infeksi dan penyakit. Sedangkan kayu manis, diketahui mengandung antioksidan yang juga mampu meningkatkan kekebalan tubuh.

Dilansir dari Times Indonesia, Jumat (22/5/2020), Sudar menjelaskan bahwa penjualan wedang bajigur di tengah pandemi Covid-19 ini justru meningkat. Padahal, menurutnya, warung miliknya sudah harus tutuo pukul 22.00 karena mengacu pada protokol kesehatan.

"Mungkin, karena saya penjual wedang bajigur satu-satunya di Kabupaten Ponorogo," katanya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS