Hari Ini, Coba 5 Ide Kreatif untuk Merayakan Hari Keluarga Nasional

Vania Rossa | Dinda Rachmawati
Hari Ini, Coba 5 Ide Kreatif untuk Merayakan Hari Keluarga Nasional
Ilustrasi Hari Keluarga Nasional. (Shutterstock)

Tak perlu muluk-muluk, yang penting kebersamaannya.

Suara.com - Hari Keluarga Nasional (Harganas) diperingati setiap tanggal 29 Juni setiap tahunnya. Meski peringatan spesial ini belum terlalu dikenal luas, namun tak ada salahnya kita turut merayakannya.

Dikutip dari Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Harganas sendiri diperingati dengan tujuan untuk menumbuhkan rasa kebersamaan.

Yuk, kita coba manfaatkan hari ini untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga dan merayakan Harganas dengan cara yang kreatif agar tak membosankan.

Berikut adalah beberapa cara merayakan Harganas, meski kamu sedang di rumah saja, yang sudah suara.com rangkum.

1. Siapkan makan malam spesial

Hari ini, sengaja pulang cepat yuk dari kantor. Kamu bisa belanja bahan makanan, dan memasaknya jadi menu spesial di rumah.

Momen menyantap makan malam bersama seluruh anggota keluarga mungkin adalah sesuatu yang jarang dilakukan. Makanya, akan jadi sangat spesial banget, kan?

2. Buat kerajinan kolaboratif

Menciptakan karya yang bisa dengan bangga kamu pajang di rumah, bisa berfungsi sebagai pengingat kebersamaanmu dan keluarga setiap hari.

Cetak beberapa foto keluarga, tempelkan di kartu dan hias dengan dekorasi yang apik. Jika kamu sangat kreatif, mulailah proyek keluarga seperti membuat scrapbook. Putuskan apa yang ingin kamu lakukan bersama.

3. Baca buku bersama

Kapan lagi punya kesempatan berhenti dari penggunaan gadget, dan mulailah meringkuk di sofa bersama-sama dengan buku, membaca dengan suara keras. Semakin banyak gambar yang ada di dalam buku, maka akan semakin baik.

Ini akan membuat pengalaman yang lebih interaktif daripada menonton film, apalagi bagi anak-anak. Jika anak-anak baru belajar membaca, pilih buku yang sesuai dengan usua mereka sehingga kamu dapat membagikan tugas dan meminta mereka membaca masing-masing satu halaman.

4. Menulis surat cinta

Duduk bersama anak-anak dan bersama-sama menulis atau menggambar, adalah kegiatan menyenangkan. Misalnya kamu bisa mengirim kartu pos kepada anggota keluarga lain yang tinggal jauh denganmu, seperti nenek, kakek, paman atau bibi, dan memberi tahu mereka betapa mereka sangat dicintai.

Percantik dengan stiker dan prangko, dan bawa ke kotak surat bersama-sama, atau kirimkan secara manual.

5. Mengenang kenangan lama

Mengenang kembali kenangan keluarga melalui video, album foto, atau sekadar ngobrol menceritakan kisah-kisah seru dan tak terlupakan saat makan malam adalah hal yang bagus.

Semuanya sederhana, kamu tak perlu berpikir harus merayakannya dengan hadiah mahal, bukan?

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS