5 Tips Aman Santap Hidangan Iduladha yang Kaya Lemak

Risna Halidi | Dinda Rachmawati
5 Tips Aman Santap Hidangan Iduladha yang Kaya Lemak
Ilustrasi daging. (Shutterstock)

Hidangan Iduladha yang kaya daging bisa menyebabkan naiknya kolesterol, tekanan darah hingga masalah pencernaan.

Suara.com - Stok daging hewan kurban yang begitu banyak saat momen Iduladha, tentu begitu nikmat saat dimasak menjadi berbagai macam hidangan.

Tapi, tak jarang hal ini menimbulkan kekhawatiran, khususnya dalam masalah kesehatan. Masakan daging memang bisa menyebabkan naiknya kolesterol, tekanan darah hingga masalah pencernaan apalagi jika disantap berlebihan.

Untuk menghindari risiko tersebut, berikut sejumlah tips yang bisa kemu lakukan agar tetap sehat dalam menikmati hidangan Iduladha. 

1. Jaga porsi agar tidak berlebihan
Jumlah daging maksimal untuk Anda santap antara dua waktu makan adalah 200 gram. Terlalu banyak mengonsumsi makanan tinggi kalori atau tinggi lemak, seperti daging akan menimbulkan rasa tidak nyaman pada pencernaan yang umum terjadi, seperti refluks dan dispepsia.

2. Cukupi kebutuhan serat
Buah dan sayuran adalah sumber serat yang memiliki manfaat positif untuk kadar kolesterol. Konsumsi diet tinggi serat dapat menurunkan kolesterol hingga 10 persen.

Agar lebih mudah, tambahkan sayuran dalam sajian daging, seperti wortel, brokoli atau lobak. Sayuran ini berfungsi sebagai asupan kaya antioksidan. Sehingga dapat melindungi sel-sel dari kerusakan oksidatif. Serta memudahkan kerja pencernaan.

3. Pemiliham daging yang tepat
Pilih daging yang tidak terlalu banyak lemak atau Anda dapat membuang lemak terlebih dahulu sebelum memasaknya. Juga, sebaiknya hindari mengonsumsi jeroan, karena bagian ini memiliki lemak dan kolesterol yang cukup tinggi.

4. Pilih cara masak yang lebih sehat
Jika Anda akan memasak daging kurban, pilih cara memasak yang lebih sehat, yakni dengan memilih dipanggang daripada digoreng.

Usahakan gunakan minyak seminimal mungkin dan pastikan daging yang akan Anda konsumsi sudah diolah dengan baik dengan kematangannya sempurna.

5. Minum teh hijau setelah mengonsumsi daging 
Minuman ini dapat mencegah penyerapan kolesterol di saluran pencernaan dan juga membantu proses ekskresi. Selain itu teh hijau juga bermanfaat untuk mencegah penumpukan plat di arteri.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS