5 Cara Menghangatkan Lontong dari Kulkas

Dany Garjito
5 Cara Menghangatkan Lontong dari Kulkas
Lontong Orari. (Dok : Istimewa)

Berikut cara yang paling tepat menghangatkan lontong dari kulkas.

Suara.com - Ada beberapa cara menghangatkan lontong dari kulkas yang dapat kita lakukan. Namun, apakah semua cara itu bisa membuat lontong tahan lama?

Lontong yang kita simpan di kulkas sebelumnya akan terasa dingin di perut sehingga membuat lontong tersebut kurang enak untuk dimakan. Oleh karena itu, kita biasanya akan menghangatkan lontong terlebih dahulu sebelum dikonsumsi kembali. Sebagian dari kita mungkin masih belum tahu cara menghangatkan lontong dari kulkas dengan benar. Jika menghangatkannya dengan cara yang salah, lontong malah akan menjadi lebih cepat basi.

Cara menghangatkan lontong dari kulkas yang paling tepat ialah dengan dikukus memakai dandang atau kukusan. Cara ini dilakukan untuk menjaga aroma lontong dan membuatnya lebih tahan lama.

Berikut cara yang paling tepat menghangatkan lontong dari kulkas.

  1. Sebelum menghangatkan lontong, pada dasarnya kita hanya perlu menjaga lontong agar tetap kering.
  2. Simpan lontong di tempat yang tidak akan terkena air dengan posisi digantung. Hal ini perlu dilakukan agar kandungan air di dalam lontong semakin cepat keluar. Namun, lontong yang dibiarkan pada suhu ruang hanya akan bertahan selama dua hari sampai tiga hari.
  3. Jika ingin disimpan di kulkas, masukkan lontong ke dalam wadah tertutup agar lontong terhindar dari uap dingin dan bau. Kita dapat meletakkan lontong di area freezer jika ingin menyimpannya dalam waktu yang sedikit lebih lama. Lontong yang disimpan di dalam kulkas dapat bertahan hingga tujuh hari.
  4. Hangatkan kembali lontong dengan cara mengukusnya dengan dandang atau kukusan selama 15-20 menit.
  5. Setelah dikukus, lontong harus segera dimakan. Jangan menyimpannya kembali di kulkas karena lontong yang sudah dikukus tidak akan bertahan lama. Solusinya, kita hanya perlu mengukus lontong secukupnya saja dan membiarkan sisanya tetap tersimpan di kulkas.

Sebagian orang lebih memilih untuk menghangatkan lontong dengan rice cooker. Namun, cara ini malah membuat lontong semakin cepat basi dan dapat menghilangkan aromanya.

Itu dia cara menghangatkan lontong dari kulkas. Semoga cara ini bermanfaat!

Kontributor : Theresia Simbolon

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS