Ketahui Segudang Manfaat Biji Cokelat Bagi Kesehatan Tubuh Yuk!

Risna Halidi
Ketahui Segudang Manfaat Biji Cokelat Bagi Kesehatan Tubuh Yuk!
Ilustrasi . (Pixabay)

"Flavanol adalah senyawa antioksidan dan salah satu kandungan tertingginya terdapat di biji cokelat, yaitu cocoa flavanol."

Suara.com - Siapa sangka, makanan yang memiliki kandungan tinggi flavanol ternyata baik bagi tubuh lho. Hal tersebut diungkapkan oleh dokter spesialis gizi klinik dr. Diana Suganda, M.Kes, Sp.GK.

Diana menerangkan bahwa mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan tinggi flavanol dapat menjadi upaya untuk menjaga kesehatan tubuh.

Sebagai makanan pendukung yang memiliki banyak fungsi bagi kesehatan tubuh, beberapa jurnal dan studi global telah mengulas bagaimana manfaat flavanol dalam cocoa terhadap berbagai penyakit, salah satunya meringankan beban kerja jantung.

"Flavanol adalah senyawa antioksidan dan salah satu kandungan tertingginya terdapat di biji cokelat, yaitu cocoa flavanol. Kandungan flavanol pada cocoa dapat meningkatkan elastisitas pembuluh darah sehingga mengurangi beban kerja jantung," kata Diana.

Baca Juga: Doyan Makan Petai? Ini 5 Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh Anda

Manfaat biji cokelat bubuk (Dok. )
Manfaat biji cokelat bubuk (Dok. Cocoa X’Tend)

Dikatakan, peredaran darah sehat sangat bergantung dari pembuluh darah yang elastis. Manfaat itu juga yang pada akhirnya bisa didapatkan dengan mengonsumsi cocoa flavanol minimal 200 mg per hari secara rutin.

Selain bermanfaat bagi jantung, berikut segudang manfaat cocoa flavanol seperti yang Suara.com kutip dari siaran pers Cocoa X’Tend berikut ini!

1. Turunkan Hipertensi
Dikatakan, konsumsi jangka panjang setidaknya 900 mg atau lebih cocoa flavanol per hari dipercaya dapat membantu menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. Di sisi lain, antioksidan dalam cocoa flavanol juga terbukti dapat merangsang produksi nitrat oksida dalam tubuh yang berperan dalam meningkatkan elastisitas pembuluh darah dan membuat tekanan darah menjadi normal.

2. Baik Bagi Diabetes
Melansir laman MDPI, kandungan flavanol dalam cocoa terbukti dapat membantu penderita diabetes tipe dua atau diabetesi meningkatkan sensitivitas insulin dan membantu mengurangi kandungan gula dalam darah.

3. Memperbaiki Suasana Hati
Ditulis British Journal of Clinical Pharmacology, cocoa flavanol dapat melancarkan aliran darah ke otak dan menimbulkan suasana hati yang positif. Konsumsi cocoa murni juga berpotensi mengurangi risiko penyakit alzheimer dan stroke bagi manusia.

Baca Juga: Ilmuwan San Francisco Temukan Virus Corona Memotong Serat Jantung

4. Bagus Untuk Kulit
Antioksidan tinggi yang terkandung dalam cocoa flavanol mempunyai sifat antiinflamasi yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Selain digunakan dalam pengobatan, antioksidan juga melindungi kulit dari dalam terhadap proses oksidasi (penuaan dini). Sebagai efek jangka panjangnya, konsunsi cocoa flavanol dipercaya dapat membuat kulit lebih cerah dan sehat.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS