9 Manfaat Vitamin B untuk Kulit, Salah Satunya Mengurangi Jerawat

Vania Rossa
9 Manfaat Vitamin B untuk Kulit, Salah Satunya Mengurangi Jerawat
Ilustrasi manfaat vitamin B untuk kulit. (Shutterstock)

Vitamin B ternyata tak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh, tapi juga untuk kecantikan kulit.

Suara.com - Vitamin B belakangan mendapat perhatian serius di dunia kecantikan, lantaran sejumlah ahli mengungkap fakta manfaat di balik penggunaan vitamin B di dalam skincare. Apa saja manfaatnya? Simak di bawah ini, seperti dilansir dari laman Women Working.

1. Mencegah penuaan
Vitamin B kompleks, terutama vitamin B1, dapat membantu melawan kerusakan kulit yang disebabkan oleh radikal bebas — molekul yang memecah sel sehat dan berkontribusi pada munculnya proses penuaan.

2. Mempertahankan kelembapan
Nicotinamide, turunan dari vitamin B3 (niacin), telah terbukti meningkatkan kemampuan epidermis, lapisan kulit paling atas, untuk mempertahankan kelembapan. Hasilnya, kulit lebih lembut dan halus, terhindar dari kekeringan dan masalah kulit terkelupas, serta pengurangan garis-garis halus.

3. Mengurangi flek hitam
Selain itu, nikotinamida juga bisa menjadi agen pencerah kulit yang efektif jika ditambahkan ke pelembap dan krim topikal lainnya. Dengan cara ini, vitamin B dapat meringankan masalah flek hitam yang muncul di wajah.

4. Mencegah hiperpigmentasi
Vitamin B12 membantu mengatur produksi dan lokasi pigmen kulit, mencegah proses hiperpigmentasi — penggelapan kulit di bagian tertentu tubuh.

Baca Juga: Hanya Pakai Lemon, Begini Cara Alami Cegah Jerawat Pada Kulit Berminyak

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS