alexametrics

Jangan Gunakan Skincare Vitamin B dan Vitamin C Bersamaan, Ini Akibatnya!

Risna Halidi | Dini Afrianti Efendi
Jangan Gunakan Skincare Vitamin B dan Vitamin C Bersamaan, Ini Akibatnya!
Ilustrasi perawatan wajah. (Shutterstock)

Vitamin B punya beragam manfaat kesehatan termasuk di antaranya untuk kecantikan.

Suara.com - Vitamin B punya beragam manfaat kesehatan termasuk di antaranya untuk kecantikan. Salah satu jenis vitamin B yakni B3 telah sering digunakan sebagai key ingredients atau kandungan kunci pada produk skincare.

Dikenal juga dengan nama niacinamide, B3 terbukti secara ilmiah bisa meningkatkan kolagen dan memudarkan noda hitam di wajah.

Jenis vitamin B lainnya seperti seperti B1, B2, B5, B6, B9, dan B12 juga memiliki peran serupa hampir serupa.

Menurut Dermatolog dr. Ruri Pamela, SpKK, vitamin B kompleks telah terbukti secara ilmiah ampuh untuk mengatasi masalah kulit, seperti kulit kusam, tidak berkilau, mudah mengalami peradangan atau iritasi, dan kulit yang alami penuaan dini.

Baca Juga: 5 Kesalahan yang Justru Bikin Wajah Makin Berminyak

Tapi ia mengingatkan untuk tidak memakai skincare berbahan vitamin B kompleks secara bersamaan dengan kandungan AHA, BHA, retinol atau vitamin C. Mengapa demikian?

Kata Ruri, jika digunakan bersamaan, dua kandungan itu bisa menyebabkan iritasi kulit seperti kemerahan, serta mengurangi efektivitas dari vitamin B kompleks.

"Sebaiknya gunakan skincare yang mengandung vitamin B kompleks pada pagi hari, sedangkan kandungan AHA, BHA, retinol, dan vitamin C di malam hari,” kata Ruri yang juga Ahli Kulit Ekspert Swissvita Indonesia melalui siaran pers yang diterima Suara.com.

Ruri mengklaim produknya juga mengandung vitamin B kompleks atau yang dikenal dengan VitaBTech, dimana kandungan skincare telah diformulasikan oleh para scientist di Swissvita Skinlab. 

"Seluruh rangkaian produk Swissvita skincare diformulasikan sendiri oleh para scientist Swissvita Skinlab dan setiap ingredients-nya diimport langsung dari UK, US, Perancis, Switzerland, Jepang, Korea, dan lainnya karena kami berkomitmen pada kualitas produk," tambah Country Director Swissvita Indonesia Sean Lim.

Baca Juga: Jangan Sampai Dompet Ikut Keriput, Ini 4 Cara Mengatur Bujet Beli Skincare

Produk tersebut kita telah mengantongi izin BPOM dan masih dalam proses persiapan pengajuan label halal.  

Komentar