alexametrics

Yoga Jadi Alternatif Tenangkan Tubuh dan Pikiran Saat Pandemi Covid-19

Risna Halidi
Yoga Jadi Alternatif Tenangkan Tubuh dan Pikiran Saat Pandemi Covid-19
Ilustrasi yoga. (Shutterstock)

Yoga memiliki pose peregangan yang bisa mengurangi ketegangan pada otot dan persendian, serta dapat membantu mengendurkan sistem simpatik.

Suara.com - Olahraga yoga bisa menjadi alternatif untuk menenangkan tubuh dan pikiran akibat efek negatif pandemi Covid-19. Hal tersebut diungkapkan oleh Mudit Dandwate, seorang profesional yoga dan salah satu pendiri Dozee.

"Kesehatan mental sangat penting untuk melewati masa-masa sulit ini. Kebanyakan orang tidak dapat bersantai dan secara paksa mencoba untuk rileks yang menghasilkan stres lebih besar,” kata Mudit seperti yang Suara.com kutip di Antara, Kamis (1/10/2020).

Menurutnya, kecemasan atau stres dapat memicu sistem saraf simpatik yang mengakibatkan peningkatan tekanan darah, otot tegang, kurang konsentrasi, dan pernapasan lebih cepat.

Kata Mudit, latihan yoga bisa membantu menenangkan masalah tersebut. Yoga memiliki pose peregangan yang bisa mengurangi ketegangan pada otot dan persendian, serta dapat membantu mengendurkan sistem simpatik.

Baca Juga: Yoga Bareng Pacar, 3 Pose Awkarin yang Lentur Banget

Saraf simpatik ini berada di pangkal sumsum tulang belakang di daerah dada dan pinggang, yang fungsinya untuk mempercepat kerja organ-organ tubuh.

Ada banyak pose yoga yang sangat baik untuk mengelola tekanan darah sehingga mengurangi gejala kecemasan.

Bagi pemula, Mountain Pose pada dasarnya adalah gerakan yoga dasar untuk semua pose berdiri.

Kemudian ada Seated Pose yakni duduk bersila dengan posisi tubuh tegap, dada membusung ke depan, kepala diangkat ke atas serta rileks.

Sementara, Three Pose mengandalkan keseimbangan dengan berdiri satu kaki dan melatih fokus.

Baca Juga: Rajin Yoga Jadi Kunci Sophia Latjuba Awet Muda

Gerakan selanjutnya adalah Standing Pose dengan cara mengangkat kaki kanan menghadap ke atas hingga membentuk sudut 45 derajat, kemudian tangan kanan meraih kaki kanan tersebut.

Komentar