facebook

Seniman Ini Berhasil Ciptakan Karakter Disney yang Mirip Manusia

Vania Rossa | Dinda Rachmawati
Seniman Ini Berhasil Ciptakan Karakter Disney yang Mirip Manusia
Karakter Disney Frozen. (Instagram/@toyboyfan)

Lewat proses editing dan penggabungan kemampuan artistik dengan Artificial Intelligence (AI), terciptalah karakter Disney yang sangat nyata.

Suara.com - Animator Disney selalu berhasil dalam membuat sebuah karakter ikonik, yang tetap ada dalam ingatan kita selama bertahun-tahun. Salah satu hal yang membuat karakter tersebut sangat berkesan adalah penampilannya yang unik, meski terkadang sedikit berlebihan. Mulai dari pinggang kecil, kepala dan mata yang besar, gaya rambut yang funky, dan sebagainya. Namun, hal ini justru membuat karakter Disney kerap menjadi inspirasi para seniman untuk menciptakan berbagai karya baru. Salah satunya seperti yang dilakukan seniman dengan nama panggilan Toyboyfan.

Satu hal yang paling menarik adalah, Toyboyfan memutuskan untuk menghapus fitur-fitur tak realistis pada karakter Disney dan menata ulangnya, menjadikan karakter tersebut sebagai 'manusia' dalam proyek yang dia sebut "In real life". Dilansir DeMilked, Toyboyfan mengatakan bahwa dia mendapatkan ide tersebut setelah membuat potret kehidupan nyata Kristoff dari Disney's Frozen untuk melatih kemampuannya. Dia mengunggah gambar itu ke Tumblr-nya dan orang-orang mulai memintanya untuk melakukan hal yang sama pada lebih banyak karakter Frozen.

Karakter Disney Kristoff. (Instagram/@toyboyfan)
Karakter Disney Kristoff. (Instagram/@toyboyfan)

"Setelah saya melakukan pada karakter Disney yang lain dan mengunggahnya, saya mulai melihat foto-fotonya diunggah ulang ke seluruh internet, banyak orang yang kagum dengan mereka. Saya kemudian memperhatikan bahwa mereka bertanya-tanya apakah akan ada Putri Disney lainnya, jadi saya memutuskan untuk mulai membuatnya juga," kata seniman tersebut.

Saat membuatnya, Toyboyfan mencoba menggabungkan kemampuan artistiknya dengan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) dalam membuat foto karakter Disney. "Untuk pengeditan AI ini, biasanya saya memulai dengan foto karakter Disney dan foto orang di kehidupan nyata yang menurut saya mirip dengan karakter tersebut, lalu saya memasukkan keduanya ke dalam program AI yang saya gunakan untuk menggabungkan keduanya," jelasnya.

Baca Juga: Mengenal Kent Kent, Seniman Tato Bandung Peraih Rekor Dunia

Karakter Disney Rapunzel. (Instagram/@toyboyfan)
Karakter Disney Rapunzel. (Instagram/@toyboyfan)

Setelah itu, hasilnya terlihat sedikit lucu, jadi Toyboyfan kembali mengambil foto yang dihasilkan dan menggabungkannya dengan foto lain dan seterusnya sampai ia mendapatkan foto yang realistis dan agak mirip dengan karakter tersebut.

Karakter Disney Moana. (Instagram/@toyboyfan)
Karakter Disney Moana. (Instagram/@toyboyfan)

"Kemudian saya akan menggunakan foto tersebut ke Photoshop dan memulai membuat perubahan di sana-sini agar lebih terlihat seperti karakternya, seperti mengubah warna mata atau memperhalus wajah," kata seniman itu.

“Bagian favorit saya tentang menciptakan seni adalah melihat hasil akhirnya setelah sekian waktu dan kerja keras yang saya lakukan,” tutupnya.

Komentar