alexametrics

Tips Belanja Online Anti Ketipu Ala David 'Gadgetin'

Bimo Aria Fundrika | Lilis Varwati
Tips Belanja Online Anti Ketipu Ala David 'Gadgetin'
Ilustrasi Belanja Online (pexels)

Ia mengatakan, cara paling aman berbelanja online, terutama barang elektronik, sebenarnya dengan membeli dari akun toko resmi.

Suara.com - Belanja online telah jadi hal biasa yang banyak dilakukan orang. Namun dibalik kemudahannya, membeli barang melalui situs belanja online kerap menimbulkan risiko penipuan.

Youtuber David 'Gadgetin' punya trik khusus dalam belanja online agar tidak kena tipu. Sebagai pembuat konten mengulas ponsel, David hampir selalu berbelanja smartphone baru lewat platform online. 

Ia mengatakan, cara paling aman berbelanja online, terutama barang elektronik, sebenarnya dengan membeli dari akun toko resmi. Selain itu, bisa juga belanja dari merchant yang sudah memiliki tanda ceklis berwarna kuning atau ungu oranye.

"Di Tokopedia itu berarti tandanya toko sudah verified. Kalau official store itu udah paling aman karena kalau merchant cuma upload KTP doang. Itu adalah langkah pertama," kata David dalam konferensi pers Tokopedia, Selasa (24/11/2020).

Baca Juga: Pose Bak Model saat Terima Paket dari Kurir Ini Bikin Heran

Ilustrasi jual beli online/ belanja online/ jualan online. (Shutterstock)
Ilustrasi jual beli online/ belanja online/ jualan online. (Shutterstock)

Langkah berikutnya, untuk mendapat barang terbaik dengan harga yang sama bisa dengan melihat ulasan produk. Menurut David, jika suatu produk memiliki penilaian bintang di atas 4,5 berarti produk tersebut aman dibeli. 

"Cuma kalau cara gampangnya, lihat aja harga. Kalau sama sekali gak masuk akal terlalu murah itu jangan," ujarnya.

Terakhir, David mengingatkan agar jangan pernah berkomunikasi dengan penjual melalui pesan whatsapp. Sebab jika seperti itu, biasanya penjual akan meminta agar uang pembelian ditransfer ke rekening pribadi.

Menurut David, sebaiknya memanfaatkan fitur chat pada situs belanja online untuk berkirim pesan dengan penjual. 

"Manfaatin itu aja, biasanya kalau lewat WA, mereka bakalan minta transfer ke rekening pribadi, itu udah lampu merah banget. Jangan diturutin," ujarnya.

Baca Juga: Viral Baju Anak Durhaka, Bisa Buat Cosplay Jadi Siluman Ular

Komentar