alexametrics

4 Hal Soal Perencanaan Keuangan yang Harus Diketahui Perempuan

Bimo Aria Fundrika | Dinda Rachmawati
4 Hal Soal Perencanaan Keuangan yang Harus Diketahui Perempuan
Ilustrasi 4 Hal Soal Perencanaan Keuangan yang Harus Diketahui Perempuan. (Shutterstock)

Bagaimana cara pengelolaan keuangan yang tepat dan apa saja yang harus diperhatikan oleh para perempuan rencana finansial berjalan sesuai keinginan?

Suara.com - Perempuan membutuhkan perencanaan finansial, agar keuangan dapat dikelola dengan sebaik-baiknya. Namun, sebaik apapun rencana finansial yang telah kamu susun, jika belum memahami secara baik bagaimana pengelolaan keuangan yang tepat, maka hasilnya pun tidak akan bisa maksimal.

Apalagi, perempuan dikenal lebih konsumtif dan impulsif dalam urusan berbelanja. Hal ini tentu saja sering membuat kondisi keuangan di luar dugaan, yang pada gilirannya akan menghadirkan kekacauan. 

Lantas, bagaimana cara pengelolaan keuangan yang tepat dan apa saja yang harus diperhatikan oleh para perempuan rencana finansial berjalan sesuai keinginan? Konsultan finansial Prita Ghozie, menjabarkan hal tersebut dalam Instagram pribadinya. 

Penasaran? Berikut daftarnya menurut CEO & Co-Founder ZAP Finance ini.

Baca Juga: Wirausaha Perempuan Sering Kesulitan Mencari Jaringan Bisnis

1. Pahami apa yang membuat kita bahagia

Ilustrasi perempuan bahagia. (Pexels)
Ilustrasi perempuan bahagia. (Pexels)

Prinsipnya, pahami dan kenali diri sendiri, apa hal yang menjadi kesukaanmu dan benar-benar membawa kegembiraan untukmu? Tidak apa-apa membeli barang yang penting bagi kita, tapi tidak untuk tujuan mengesankan orang lain.

"Jujur banget, beli tas adalah my ultimate prize. Aku bukan tipe orang yang suka mengikuti tren, namun aku pasti punya 1 big purchase ticket item (pembelian besar) yang menjadi penyemangat kerja," ungkap perempuan berhijab ini.

2. Ingin terlihat kaya atau menjadi kaya?

"Dengan filosofi ini, aku tidak rela untuk membeli barang atau pengalaman; dengan cara mencicil gila-gilaan hingga tidak punya investasi. Trus langsung foto selfie dan upload untuk pembelian Big Purchase dengan hashtag #blessed," ungkap Prita memperingatkan.

Baca Juga: Survei Google Indonesia: Wirausaha Perempuan Ingin Lebih Pintar Berbisnis

Di balik hal tersebut, mungkin tabungan sudah menipis bahkan tak ada lagi. Ingat, kejujuran pasti menjadi hal yang menyenangkan. Hidup tanpa tekanan terlihat kaya pasti lebih menenangkan.  Coba masuk lebih dalam, ada masalah apa di diri kita yang membuat kita pilih jalan sebaliknya?

Komentar