alexametrics

5 Kuliner Malam Kaki Lima Bandung yang Wajib Dicoba

Fabiola Febrinastri
5 Kuliner Malam Kaki Lima Bandung yang Wajib Dicoba
(Shutterstock)

Menu sate yang ditawarkan sedikit berbeda dari sate yang biasa Anda makan.

Suara.com - Berencana melakukan perjalanan akhir tahun ke Bandung? Jangan lewatkan kesempatan untuk wisata kuliner di Kota Kembang ini, ya.

Selain banyak kafe kekinian yang fotonya berseliweran di sosial media, Bandung juga punya kuliner malam kaki lima yang tak kalah sedapnya. Bahkan, ada tempat makan yang tergolong kuliner legendaris di Bandung lho!

Tak usah bingung cara bepergian ke Bandung untuk mencicipi segala kuliner itu, naik travel bisa jadi pilihan tepat jika ingin ke Bandung dari Jakarta. Ada banyak pilihan operator yang bisa dipilih, misalnya Daytrans Travel dengan pilihan titik keberangkatan yang tersebar di Jakarta.

Nah, jika Anda sudah memiliki tiket travel untuk perjalanan akhir tahun ke Bandung, jangan lupa mampir ke kuliner malam Bandung berikut ini ya!

1. Ronde Alkateri
Kedai ronde yang sudah berdiri sejak tahun 1984 ini bisa jadi pilihan untuk menghangatkan malam Anda di Bandung. Buka mulai pukul 17.00 hingga 22.00 WIB ini, Anda bisa memilih dari dua menu ronde terfavorit di sini; ronde kuah gula merah atau kuah gula putih.

Jangan khawatir, keduanya sama-sama enak kok karena racikan wedang rondenya tak pernah berubah dari awal berdiri. Selain itu, lokasinya juga tak jauh dari Alun-alun Bandung jadi sangat mudah ditemukan. Kedai ronde ini juga buka cabang di Jalan Cibadak yang buka dari pukul 18.00 hingga 00.00 WIB.

2. Seafood Kiloan Bang Bopak
Kangen makan seafood? Anda bisa nih mampir ke seafood kiloan Bang Bopak! Buka dari jam 18.00 – 01.00 WIB setiap harinya, menu seafood yang ditawarkan disini sangat melimpah. Selain itu harganya juga terjangkau.

Termasuk dalam jajaran kuliner malam populer di Bandung yang patut dicoba, ada banyak cabang di Kota Bandung yang bisa Anda pilih sesuai yang paling dekat dengan hotel Anda.

Seafood kiloan Bang Bopak bisa Anda temukan di Jalan Katamso, Jalan Pahlawan, Jatinangor, Mekarwangi dan juga Cimahi.

3. Perkedel Bondon
Jika Anda tipe orang yang menghindari makan berat di malam hari, ada lho camilan malam di Bandung yang jadi salah satu favoritnya orang Bandung; perkedel Bondon.

Bukan perkedel sembarang perkedel, perkedel di warung yang sudah berdiri sejak tahun 1982 ini masih dimasak menggunakan arang sehingga menghasilkan citarasa unik dan khas yang bisa bikin nagih.

Warung di Jalan Kebon Jati yang letaknya tidak jauh dari Stasiun Bandung ini buka setiap hari mulai pukul 11 malam.

4. Sate DJ
Ingin makanan yang lebih berat? Anda bisa nih melipir ke Sate DJ yang ada di Jalan Jenderal Sudirman. Warung sate ini buka dari pukul 18.00 hingga 01.00 WIB setiap harinya.

Menu sate yang ditawarkan sedikit berbeda dari sate yang biasa Anda makan. Jika biasanya sate ayam atau daging dimakan dengan bumbu kecap atau kacang, tapi di Sate DJ ini menjual sate polos alias tanpa bumbu.

Saat dibakar, daging diberi bumbu cabai tipis dan disajikan dengan bawang goreng atau acar sebagai pelengkap. Soal rasa jangan ditanya lagi!

Anda bisa memesan sate ayam, sate sapi, sate kambing dan soto di warung sate ini.

5. Nasi Kalong
Sesuai namanya, nasi kalong yang ada di Jalan RE Martadinata ini buka setiap hari pukul 19.00 hingga 01.00 WIB.

Nasi kalong wajib masuk daftar makanan yang wajib dicicipi jika ingin kuliner malam di Bandung. Nasi kalong ini memiliki warna ungu kehitaman yang terbuat dari beras merah yang dicampur bumbu kluwak dengan bumbu tambahan seperti cabai, bawang merah, daun salam dan kelapa parut.

Pilihan lauknya juga beragam, seperti tahu, tempe, ayam, rolade sapi dan sayuran. Tak ketinggalan sambalnya yang rasanya juara.

Oh ya, tempat-tempat makan ini umumnya sudah menjalankan protokol kesehatan. Anda bisa memilih membungkus makanan dan dinikmati di hotel agar lebih aman, tapi bersantap langsung juga tidak masalah. Yang terpenting tetap jalankan protokol kesehatan ya.

Momen akhir tahun semakin dekat nih. Pastikan Anda sudah memesan tiket travel karena bisa saja tiket ludes terjual karena Bandung termasuk daerah dekat Jakarta yang senantiasa menjadi favorit untuk bepergian. Selamat menikmati momen spesial akhir tahun!

Komentar