alexametrics

Daftar Makanan Khas Indonesia yang Terkenal Sampai ke Luar Negeri

Rifan Aditya
Daftar Makanan Khas Indonesia yang Terkenal Sampai ke Luar Negeri
Ilustrasi sate, Makanan Khas Indonesia, salah satu kuliner Indonesia [Shutterstock]

Beberapa makanan khas Indonesia di bawah ini cukup terkenal di luar negeri lho.

Suara.com - Indonesia memiliki berbagai macam masakan Nusantara yang sangat lezat dan menggoda lidah. Beberapa daftar makanan khas Indonesia di bawah ini mungkin akan membantu kamu untuk berpetualangan kuliner.

Ada banyak sekali hidangan tradisional dan warisan ikonik dari berbagai pulau di Indonesia. Bahkan beberapa makanan khas Indonesia di bawah ini cukup terkenal di luar negeri lho. Yuk, langsung simak apa saja makanan khas Indonesia di bawah ini. 

Daftar Makanan Khas Indonesia yang Terkenal di Luar Negeri

1. Sate

Baca Juga: Daftar Makanan Khas Jawa Tengah dari Tahu Petis sampai Mie Ongklok

Sate adalah daging tusuk yang dimasak atau dibakar di atas arang. Sate tusuk ini biasanya menggunakan daging ayam, kambing, kelinci, atau bagian lainnya yang disajikan dengan menggunakan saus kacang pedas. Daging biasanya akan direndam di dalam bumbu rempah sebelum dimasak. 

2. Gudeg

Ilustrasi gudeg khas Yogyakarta. (Instagram/@athaliaafood.id)
Ilustrasi gudeg khas Yogyakarta. (Instagram/@athaliaafood.id)

Makanan khas Indonesia selanjutnya yang menjadi makanan Internasional yang telah diakui dunia yaitu, gudeg. Makanan khas Yogyakarta ini cenderung manis karena menggunakan buah nangka manis sebagai bahan utamanya.

Buah ini direbus dalam campuran santan, gula aren, dan bumbu khas Yogyakarta selama beberapa jam. Setelah itu, tunggu beberapa saat hingga menghasilkan hidangan yang sangat lembat. Biasnya, gudeg akan disajikan dengan beberapa daging ayam atau kulit sapi goreng untuk sedikit tambahan protein. 

3. Rendang

Baca Juga: 5 Kuliner Malam Kaki Lima Bandung yang Wajib Dicoba

Rendang (Foto: shutterstock)
Rendang (Foto: shutterstock)

Makanan khas Indonesia yang satu ini seperti kari daging sapi, tetapi tanpa kaldu. Rendang terbuat dari daging sapi yang dimasak dalam saus santan dan rempah-rempah selama beberapa jam. Makanan khas daerah Palembang ini membutuhkan kesabaran dan keterampilan saat memasaknya.

Komentar