alexametrics

Daftar Makanan Khas Jawa Tengah dari Tahu Petis sampai Mie Ongklok

Rifan Aditya
Daftar Makanan Khas Jawa Tengah dari Tahu Petis sampai Mie Ongklok
makanan khas Jawa Tengah - Resep Nasi Liwet Solo. (Screenshoot YouTube Indonesia Kaya)

Inilah daftar makanan khas Jawa Tengah versi Suara.com.

Suara.com - Saat kalian mengunjungi sebuah daerah, wajib mencoba makanan khasnya. Bagi anda yang berwisata ke Jawa Tengah perlu mencicipi beberapa makanan khas berikut yang bisa jadi camilan dan makanan berat. Inilah daftar makanan khas Jawa Tengah versi Suara.com.

Kurang lengkap jika berkunjung ke sebuah daerah tanpa mencoba makanan khasnya. Makanan khas memiliki cita rasa tersendiri karena memiliki tradisi kuliner yang berbeda. Dari hal itu menjadi suatu pengalaman tersendiri bagi wisatawan untuk mencoba makanan tersebut.

Tak kalah menariknya, makanan khas Jawa Tengah memiliki cita rasa yang menggoda untuk dicicipi. Jawa Tengah dikenal memiliki banyak sekali tempat wisata yang menyediakan variasi makanan khas yang memiliiki cita rasa yang enak yang wajib untuk dicicipi. Lantas apa saja makanan khas Jawa Tengah yang wajib untuk dicicipi dan memiliki cita rasa yang menggoda? Berikut adalah makanan khas Jawa Tengah yang wajib untuk dinikmati:

1.     Tahu Petis

Baca Juga: 5 Kuliner Malam Kaki Lima Bandung yang Wajib Dicoba

Tahu petis menjadi salah satu andalan wisatawan saat berkunjung di Jawa Tengah. Tahu petis merupakan makanan olahan dari tahu yang sering dijadikan cemilan.

Bahan yang digunakan membuat tahu petis adalah tahu dan saus hitam atau dikenal dengan petis. Petis ini biasanya terbuat dari udang yang dimasak secara terus menerus hingga menjadi kental ataupun dari kuah rebusan ikan.

2.     Nasi Liwet

Nasi Liwet makanan yang sangat populer di kalangan wisatawan. Nasi Liwet biasanya disajikan dengan menggunakan potongan ayam dan labu siam. Nasi Liwet banyak dijumpai di kota Solo.

3.     Nasi Gandul

Baca Juga: 5 Rekomendasi Kuliner Hidden Gems di Jogja. Mana yang Sudah Kamu Coba?

Nasi gandul seringkali disebut seperti mirip semur. Namun yang khas adalah penyajian dengan daun pisang. Nasi gandul ini memiliki rasa yang gutih dan enak untuk dimakan. Nasi Gandul merupakan makanan khas Jawa Tengah khususnya berasal dari kota Pati.

Komentar