alexametrics

Sering Mudah Terangsang Setiap Saat, Normalkah?

Bimo Aria Fundrika
Sering Mudah Terangsang Setiap Saat, Normalkah?
Ilustrasi terangsang. (Sumber: Shutterstock)

Dorongan seks dapat dipengaruhi oleh banyak faktor yang bersifat biologis, psikologis, dan sosial.

Suara.com - Banyak orang kerap merasa mudah terangsang sepanjang waktu. Tentunya ini menjadi pertanyaan, apakah hal itu normal dan sebenarnya apa penyebabnya.

Sebagian besar dari manusia mulai merasa terangsang setelah mencapai masa pubertas dan sejujurnya, sangat normal untuk memiliki perasaan seksual. Tetapi, jika telah menilai diri sendiri untuk hal tersebut, maka penilaian itu tidak tepat.

Soalnya, merasa terangsang adalah fungsi alami tubuh Anda. Dorongan seks dapat dipengaruhi oleh banyak faktor yang bersifat biologis, psikologis, dan sosial. Secara keseluruhan, keinginan untuk berhubungan seks benar-benar normal tetapi ada penyebab tertentu yang dapat menimbulkan perasaan seperti itu.

Berikut kemungkinan alasan mengapa Anda merasa lebih terangsang dari biasanya:

Baca Juga: Ayah Mertua Ungkap Kejanggalan dalam Kasus Narkotika Jennifer Jill

Perubahan hormonal

Kita semua tahu perubahan hormonal memainkan peran penting dalam dorongan seks Anda. Kadar hormon bervariasi pada berbagai tahap kehidupan, terutama selama masa pubertas dan saat Anda mengalami menopause. Perubahan pada tingkat hormon Anda juga menyebabkan perubahan pada libido Anda.

Makanan afrodisiak

Ilustrasi brokoli (Freedigitalphotos/Satit Shirin)
Ilustrasi brokoli (Freedigitalphotos/Satit Shirin)

Ini mungkin terlihat aneh bagi Anda, tetapi apa yang Anda makan dapat memengaruhi dorongan seks Anda. Anda bisa menyalahkan makanan afrodisiak seperti alpukat, mangga, brokoli, dan almond karena mengonsumsinya secara teratur dapat meningkatkan libido Anda.

Siklus menstruasi

Baca Juga: Mengenal PGAD, Gangguan Gairah Seksual Spontan yang Tak Terkontrol

Seberapa terangsang perasaan Anda juga bergantung pada posisi Anda dalam siklus menstruasi. Saat tingkat estrogen dan progesteron berubah, libido Anda juga mengalami pasang surut. Anda akhirnya merasa terangsang pada hari-hari saat Anda subur. Ini sebenarnya pertanda positif mengenai kesehatan reproduksi Anda dan tidak ada yang perlu dipermalukan.

Komentar