alexametrics

Perceraian Bill Gates: 3 Faktor Perpisahan dalam Pernikahan yang Sudah Lama

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah
Perceraian Bill Gates: 3 Faktor Perpisahan dalam Pernikahan yang Sudah Lama
Fakta Perceraian Bill Gates dan Melinda Gates. (Instagram/melindafrenchgates)

Tiga kategori penyebab perceraian adalah ketidakcocokan, perselingkuhan, dan perbedaan yang tidak dapat dirujuk kembali.

Suara.com - Bill Gates dan Melinda Gates mengumumkan perceraiannya setelah 27 tahun menikah, pada Senin (3/5/2021) melalui cuitannya di Twitter. Menurut Melinda, pernikahannya sudah rusak dan tidak bisa diperbaiki.

Terapis Tess Brigham mengatakan, dalam pernikahan yang sudah begitu lama, ketegangan dapat menumpuk di salah satu dari tiga kategori: ketidakcocokan, perselingkuhan, dan perbedaan yang tidak dapat dirujuk kembali.

Semakin lama, ketegangan tersebut akan menyebabkan kehancuran dalam hubungan pernikahan.

Ketidakcocokan dalam hidup, dalam menghabiskan uang, atau dalam kebiasaan, dapat menyebabkan kebencian dari waktu ke waktu

Baca Juga: 5 Fakta Kisruh Rumah Tangga Kapten Vincent Raditya

Menyadur Insider, Brigham mengatakan beberapa ketidakcocokan paling umum yang menyebabkan peceraian adalah politik dan agama. Sementara pengacara perceraian Tom Cruise, Marilyn Chinitz, menyebut perceraian paling banyak adalah karena masalah uang.

Ilustrasi (Foto: shutterstock)
Ilustrasi perceraian (Foto: shutterstock)

"Bagi kebanyakan orang, uang adalah alasan nomor satu mengapa orang bercerai," ujar Chinitz.

Brigham mengatakan ketidakmampuan untuk berkompromi dan membicarakan perbedaan adalah masalah besar, meski tidak semua perbedaan pendapat tidak selalu menyebabkan perpecahan antara pasangan.

"Pasangan lain mungkin memiliki keyakinan yang berbeda tentang uang, tetapi jika mereka dapat berbicara satu sama lain dan mendengarkan pendapat satu sama lain, maka mereka tidak akan berpisah karenanya," ujar Chinitz.

Perselingkuhan dapat merusak kepercayaan secara permanen

Baca Juga: Profil Bill Gates, Pendiri Microsoft Jadi Sorotan usai Umumkan Perceraian

Perselingkuhan terjadi ketika salah satu atau kedua pasangan berhubungan intim dengan orang lain di luar pernikahan mereka.

Selain itu, perselingkuhan juga dapat menyebabkan rusaknya kepercayaan dalam pernikahan, yang pada akhirnya dapat membuat hubungan hancur.

Perbedaan yang tidak dapat dirujuk kembali

Wajar bagi pasangan untuk tumbuh dan berubah selama pernikahan, tetapi perbedaan antara pernikahan yang berhasil dan gagal adalah apakah pasangan itu tumbuh bersama atau terpisah.

Hubungan juga bisa memburuk di tahun-tahun awal pernikahan jika pasangan memiliki pendapat yang berbeda tentang anak dan bagaimana cara mengasuhnya.

Komentar