alexametrics

5 Jenis Makanan yang Harus Dihindari Saat Idul Fitri

Rifan Aditya
5 Jenis Makanan yang Harus Dihindari Saat Idul Fitri
Berikut makanan yang harus dihindari saat Idul Fitri - Resep Rendang Daging Khas Padang untuk Lebaran. (Youtube/@Eddy Siswanto)

Berikut daftar makanan yang harus dihindari saat Idul Fitri. Awas bisa menimbulkan penyakit.

Suara.com - Selain silaturahmi, Lebaran identik dengan berbagai makanan. Ternyata ada beberapa jenis makanan yang harus dihindari saat Idul Fitri.

Jika selama berpuasa tentunya kita diharuskan untuk memakan makanan-makanan tinggi serat dan berprotein untuk mengisi tenaga selama menjalani puasa. Saat momen lebaran tiba tentunya akan banyak sekali makanan-makanan nikmat yang sengaja dihidangkan pada hari tersebut.

Mungkin juga bagi sebagian kita momen lebaran adalah sebuah momen untuk memuaskan nafsu makan kita karena sudah berpuasa selama satu tahun penuh. Hal tersebut tentunya akan membuat tubuh kita kaget karena sebelumnya terbiasa dengan pola makan yang sehat dan saat lebaran kita tidak bisa mengontrol nafsu makan tersebut.

Hal tersebut tentunya akan menimbulkan efek samping seperti diabetes, darah tinggi dan penumpukan lemak. Oleh karena itu anda perlu memperhatikan dengan seksama agar tidak makan makanan secara berlebihan. Berikut makanan yang harus dihindari saat Idul Fitri.

Baca Juga: Tips Sehat Konsumsi Hidangan saat Lebaran

1.       Kolesterol

Jenis makanan makanan pertama yang harus anda hindari adalah makanan-makanan yang mengandung kolesterol tinggi. Contohnya seperti daging rendang, opor ayam dan makanan yang mengandung santan harus anda perhatikan jumlahnya saat dikonsumsi.

2.       Gorengan

Ilustrasi gorengan. (Unsplash/Alfonso Rodríguez)
Makanan yang harus dihindari saat Idul Fitri - Ilustrasi gorengan. (Unsplash/Alfonso Rodríguez)

Jenis yang kedua adalah gorengan atau makanan-makanan yang mengandung minyak berlebih. Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak minyak maka akan menimbulkan beberapa penyakit seperti jantung, diabetes dan stroke.

Oleh karena itu anda harus benar-benar membatasi diri anda saat memutuskan untuk mengkonsumsi jenis makanan goreng-gorengan

Baca Juga: Aksi Pria Minum Sirup 5 Botol Tak Dicampur Air, Publik: Live Kalau Berani!

3.       JunkFood

Di bulan Ramadhan penuh berkah ini, mari kita ringankan beban saudara sesama yang kesusahan. Berbagi sambil menambah amalan lewat sedekah makanan bersama Suara.com di laman Indonesia Dermawan. Untuk langsung meng-input jumlah sedekah silakan KLIK DI SINI!

Komentar