alexametrics

Cara Agar Arang Tahan Lama dan Awet saat Bakar Sate Idul Adha

Rifan Aditya
Cara Agar Arang Tahan Lama dan Awet saat Bakar Sate Idul Adha
Cara Agar Arang Tahan Lama dan Awet saat Bakar Sate Idul Adha - Ilustrasi sate - (Unsplash/@akharis)

Berikut cara agar arang tahan lama dan awet yang bisa dicoba saat bakar sate Idul Adha.

Suara.com - Sate menjadi makanan yang identik dengan hari raya Idul Adha. Namun kadang saat bakar sate kalian harus kerepotan karena arang cepat padam. Adakah cara agar arang tahan lama dan awet saat bakar sate Idul Adha?

Sebenarnya tidak perlu teknik khusus agar arang bakar sate dapat menyala lama. Cara agar arang tahan lama dan awet dapat kalian lakukan dengan mudah.

Berikut cara agar arang tahan lama dan awet yang bisa dicoba seperti dikutip dalam Cuttingedgefirewood.

1. Letakkan Panggangan Jauh dari Angin

Baca Juga: Ini Resep Membuat Sate Kambing Bersama Keluarga Saat Hari Raya Idul Adha

Posisi panggangan sangat mempengaruhi cara kerja arang. Cara paling aman adalah letakkan panggangan di tempat yang jauh dari angin, terlebih jika aktivitas membakar satai dilakukan di ruang terbuka. Posisi yang tepat akan membuat arang lebih lambat bekerja sekaligus menjadi cara agar arang tahan lama dan awet.

2. Letakkan Arang di Panggangan Secara Merata

Sebar arang secara merata di bawah panggangan setelah berubah warna menjadi putih. Penyebaran ini akan membantu arang bekerja dengan lebih lambat sehingga arang bisa awet.

Kendati begitu pada proses awalnya, lebih baik arang ditumpuk di bagian tengah untuk memudahkan pembakaran. Di samping itu, arang berbentuk briket bisa menjadi pilihan karena terbukti lebih lama terbakar.

3. Buka Tutupan Arang

Baca Juga: Bacaan dan Tata Cara Salat Id Idul Adha 2021 Berjamaah di Rumah

Tutupan arang yang dibuka akan membuat arang tahan lama dan awet. Pasalnya dengan begitu panas dari arang akan menyebar lebih rata dan membuat arang bekerja lebih lambat.

Komentar