alexametrics

Jadi Bagian Favorit Rasulullah SAW, Paha Kambing Dinilai Paling Sehat untuk Disantap

Rima Sekarani Imamun Nissa | Hiromi Kyuna
Jadi Bagian Favorit Rasulullah SAW, Paha Kambing Dinilai Paling Sehat untuk Disantap
Ilustrasi daging kambing. (Pixabay/SvenHilker)

Bagian paha kambing ternyata dinilai paling sehat karena alasan berikut ini.

Suara.com - Bicara soal Idul Adha tentu tak jauh-jauh dari daging kambing, sapi, maupun kerbau. Tahukah Anda bahwa bagian paha kambing merupakan favorit dari Rasulullah SAW?

Ya, daging kambing bisa disantap mulai dari kepala sampai kaki. Namun, rupanya bagian paha dipercaya menjadi bagian paling disukai oleh Rasulullah SAW.

Melansir dari Arab News, hal ini diriwayatkan oleh sahabat Nabi Muhammad SAW yaitu Abu Hurairah.

"Kami pernah bersama Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam dalam sebuah undangan. Kemudian dibawakanlah paha kambing dan beliau menyukainya. Kemudian beliau menggigitnya satu gigitan." (HR. Bukhari 3340 dan Muslim 501).

Baca Juga: Kamrussamad: Idul Adha, Momentum Pejabat Berkorban untuk Selamatkan Rakyat

Rupanya, rasa suka pada bagian paha kambing itu karena mudah dimasak dan dicerna serta memiliki rasa lezat. Al-Qadhi Iyadh RA mengatakan, "Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam menyukai paha kambing, karena mudah dimasak dan mudah dicerna, disamping lebih lezat dan lebih steril dari risiko penyakit." (Syarh Shahih Muslim, an-Nawawi, 3/65).

Ilustrasi daging kambing. (Pixabay/RitaE)
Ilustrasi daging kambing. (Pixabay/RitaE)

Hadis lain yang berbicara tentang preferensi Rasulullah SAW termasuk salah satu yang dilaporkan oleh Abu Hurairah yang mengatakan, "Tidak ada bagian dari domba yang lebih disukai Nabi daripada bahunya." (Diriwayatkan oleh Abu Al-Syekh.)

Abu Ubayd juga mengungkapkan, "Saya memasak sesuatu untuk Rasulullah SAW di sebuah panci. Karena dia menyukai pahanya, saya memberikannya padanya. Dia kemudian berkata kepadaku: 'Berikan aku bahu.' Saya berkata: 'Ya Rasulullah, berapa banyak bahu yang dimiliki seekor anak domba?' Dia berkata: 'Demi Dia yang memegang jiwaku di tangan-Nya, jika Anda mematuhinya, Anda akan melakukannya. telah memberi saya bahu sebanyak yang saya minta.'" (HR Ahmad, Al-Tirmidzi dan Ibn Saad.)

Ternyata bagian paha kambing dinilai paling baik untuk dikonsumsi karena hanya mengandung sedikit lemak. Selain itu, bagian paha juga memiliki protein yang tinggi.

Tekstur paha kambing juga empuk dan mudah diolah menjadi beragam masakan. Umumnya, bagian ini cocok dimasak dengan cara dipanggang atau dibuat menjadi gulai.

Baca Juga: Belum Bisa Berkurban, Pria Ini Berbagi Kebaikan dengan Cara yang Bikin Takjub

Komentar