alexametrics

Tata Cara Mencuci Pakaian Pasien Isoman dan Penerapan Protokolnya

Rifan Aditya
Tata Cara Mencuci Pakaian Pasien Isoman dan Penerapan Protokolnya
Tata Cara Mencuci Pakaian Pasien Isoman dan Penerapan Protokolnya - Isolasi Mandiri. (Shutterstock)

Berikut ulasan tentang tata cara mencuci pakaian pasien isoman dan penerapan protokol isolasi mandiri.

Suara.com - Peningkatan kasus covid-19 membuat rumah sakit penuh, imbasnya pasien dengan gejala ringan diminta isoman atau isolasi mandiri di rumah. Jika ada keluarga atau kolega anda yang mengalami ini, bagaimana tata cara mencuci pakaian pasien isoman tersebut?

Medical News Today memberikan penjelasan tentang tata cara mencuci pakaian pasien isoman lengkap dengan penerapan protokolnya berikut ini.

Cara Mencuci Pakaian Pasien Isoman

Mencuci pakaian ketika menjalani isoman menjadi salah satu faktor yang cukup penting. Pastikan bahwa pakaian yang anda cuci sudah benar-benar bersih dari kuman. Berikut adalah cara mencuci pakaian selama isoman:

Baca Juga: BOR Kota Tangerang Turun Jadi 82,79 Persen, Kadinkes: Sekarang Sudah Terkontrol

1.       Merendam Pakaian

Untuk opsionalnya sebelum anda mencuci pakaian tersebut anda dapat merendam pakaian menggunakan larutan yang mengandung amoninium kuaterner. Kemudian barulah lanjutkan dengan mencuci pakaian.

2.       Suhu Air saat Mencuci

WHO menjelaskan bahwa suhu yang ideal untuk membunuh virus ini adalah 60-90 derajat celcius. Namun seperti yang kita ketahui bahwa suhu air yang terlalu panas dapat menyebabkan pakaian kita rusak. Oleh karena itu pastikan bahwa metode pencucian tersebut cocok dengan bahan pakaian yang anda cuci.

3.       Memakai Sarung Tangan

Baca Juga: Innalillahi, Kepala Puskesmas Sangiang Meninggal Dunia Akibat Covid-19

Tetap mentaati prokes menjadi bagian yang juga disarankan. Pasalnya anda tidak dapat mengetahui dengan pasti dimana keberadaan virus ini secara spesifik.

Komentar