alexametrics

Cara Minum Air Putih yang Benar untuk Turunkan Berat Badan

Risna Halidi | Dian Kusumo Hapsari
Cara Minum Air Putih yang Benar untuk Turunkan Berat Badan
Ilustrasi minum air putih. (Shutterstock)

Berikut ini adalah beberapa cara di mana air putih membantu Anda menurunkan berat badan.

Suara.com - Minum air putih agar tetap terhidrasi dianggap sebagai salah satu cara paling efektif untuk menjaga kesehatan.

Tapi tahukah Anda bahwa minum air putih juga berhubungan dengan penurunan berat badan? Memangnya, bagaimana sih cara air minum membantu proses penurunan berat badan?

Dilansir News18, penelitian menunjukkan bagaimana air minum memiliki banyak manfaat termasuk menurunkan berat badan.

Sebuah studi 2011 yang diterbitkan dalam jurnal Obesity menunjukkan bahwa minum air sambil mempertahankan diet hipokalori (juga dikenal sebagai diet rendah kalori) dapat mengurangi tingkat kelebihan berat badan dan obesitas pada orang dewasa yang biasanya sulit menurunkan berat badan dengan cepat.

Baca Juga: Kisah Ojol Penyandang Disabilitas: Rute Lebih Jauh dari Map Aplikasi, Suplemen Air Putih

Ilustrasi bayi minum air mineral. (Pexels)
Ilustrasi minum air mineral. (Pexels)

Studi lain yang diterbitkan International Journal of Obesity pada tahun 2017 menunjukkan peserta yang mengganti minuman diet dengan air putih selama periode pemeliharaan berat badan 12 bulan tidak hanya kehilangan berat badan tetapi juga meningkatkan sensitivitas insulin dan kadar kolesterol.

Berikut ini adalah beberapa cara di mana air putih membantu Anda menurunkan berat badan.

1. Membuat Anda merasa kenyang
Minum air putih, terutama 10-15 menit sebelum makan dapat meningkatkan rasa kenyang dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Minum air putih juga mengurangi rasa lapar yang berlebihan serta ngemil, sehingga membantu Anda menurunkan berat badan lebih cepat.

2. Meningkatkan pembakaran kalori
Kebanyakan orang dengan berat badan berlebih kesulitan membakar kalori dengan cepat. Studi menunjukkan bahwa minum air membantu proses membakar kalori bahkan ketika Anda sedang dalam keadaan istirahat. Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa air minum juga membantu membakar karbohidrat dan lemak lebih cepat.

3. Detoksifikasi tubuh secara alami
Ketika tubuh tidak mendapatkan cukup air, tubuh cenderung menumpuk racun. Menghidrasi dengan air membantu mengeluarkan racun tersebut dan mengurangi kembung serta pembengkakan yang terkait dengan retensi racun dalam tubuh.

Baca Juga: Jaga Kesehatan Mental di Tengah Pandemi, Pakar Ingatkan Jangan Lupa Selftalk

4. Mengurangi asupan kalori secara keseluruhan
Penelitian mengatakan bahwa ada kalanya orang benar-benar haus tetapi otak mengacaukan rasa haus dengan rasa lapar dan akhirnya malah memilih makan daripada minum air.